VIDEO Blangko KTP di Disdukcapil Kabupaten Cirebon hanya Mencukupi hingga Satu Hari ke Depan

Blangko yang tersedia di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon hanya mampu mencukupi pencetakan e-KTP hingga Rabu

Blangko yang tersedia di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon hanya mampu mencukupi pencetakan e-KTP hingga Rabu (12/6/2019) besok.

Kabid Pencatatan Sipil Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Ernedin, menjelaskan, kebutuhan ideal blangko mencapai 200 KTP perhari.

"Kebutuhan perhari di Kabupaten Cirebon sekitar 200 blangko. Itu biasa dibuka tiga loket pelayanan," kata Ernedin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/6/2019).

Untuk kebutuhan pelayanan KTP online saja, lanjutnya, membutuhkan hingga 150 KTP.

"Kita rutin mengajukan ke pusat. Kalau habis kami koordinasi ke sana. Kalau ada blangkonya, kita berangkat. Jangan sampai ke sana tapi blangko tidak ada," lanjutnya.

Pihaknya mengaku, sejak dua bulan lalu, di Kabupaten Cirebon hanya mendapat 500 blangko.

"Keterbatasan blangko ini bisa saja dari menginput data usia 17 tahunnya saja. Padahal kan yang membuat KTP itu bukan hanya yang sudah berusia 17 tahun, ada juga yang membuat karena pindak penduduk atau KTP lama rusak. Itu harusnya juga didata untuk ketersediaan blangko," kata dia.

Sementara itu, hari kedua kerja pascalebaran, belum ada peningkatan signifikan di Disdukcapil Kabupaten Cirebon.

"Memang di luar terlihat banyak, tapi belum ada kenaikan signifikan. Kemarin kan sempat libur lama juga, jadi kita hentikan pelayanan sementara. Mungkin seminggu ke depan bisa meningkat lagi," ungkapnya.

Video dan artikel lainnya klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=dzJYxXc-wgQ&feature=youtu.be
Penulis: Siti Masithoh
Editor: Seli Andina Miranti
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Siti Masithoh
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved