Mudik Tahun 2019, Kendaraan yang Diuji Kelaikan Mengalami Peningkatan

Pejabat Dishub Kota Bandung, Tata Kuswantara, kendaraan angkutan mudik yang jalani tes kelaikan jalan melalui uji KIR tahun ini mengalami peningkatan

Mudik Tahun 2019, Kendaraan yang Diuji Kelaikan Mengalami Peningkatan
Istimewa
Pejabat fungsional Dishub Kota Bandung, Tata Kuswantara, sedang mengecek bus di Terminal Ciaheum sebelum Lebaran beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Mudik Lebaran secara bersamaan menggunakan kendaraan umum yang dilaksanakan oleh pemerintah, instansi maupun swasta dan perorangan, sudah menjadi tradisi tahunan di Indonesia.

Salah satu peranan penting dalam menggelar mudik gratis ini adalah kondisi kendaraan angkut yang harus prima dan laik jalan.

Untuk itulah setiap kendaraan angkutan umum yang menjadi armada pemudik wajib menjalani uji kelaikan jalan yang dilakukan oleh instansi terkait seperti kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Menurut pejabat fungsional dari bagian Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bandung, Tata Kuswantara, kendaraan angkutan mudik yang menjalani tes kelaikan jalan melalui uji KIR tahun ini mengalami peningkatan.

Arus Mudik di Jabar Lancar, Angka Kecelakaan Selama Mudik Menurun Dibanding Tahun Lalu

"Kurang lebih peningkatannya sebesar sepuluh persen," kata Tata kepada Tribunjabar.id di bengkel pengujian kendaraan Dishub Kota Bandung, Selasa (11/6/2019).

Menurut Tata, pihak Dishub dan Polri tidak mentolelir kendaraan yang tidak memenuhi syarat atau tidak lulus uji KIR yang akan membawa para pemudik, baik mudik keberangkatan maupun mudik kedatangan (mudik balik).

Sehingga beberapa kendaraan yang dinyatakan tidak laik jalan langsung dipulangkan kembali ke PO masing-masing untuk diperbaiki.

"Uji KIR ini akan terus diberlakukan, tidak hanya mudik keberangkatan sebelum Lebaran, tetapi juga pada mudik arus balik ini," katanya. (*)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved