Kerusuhan di Jakarta

Membongkar Dalang Kerusuhan 22 Mei, Kini Muncul Nama Fauka, Eks Tim Mawar Itu Disebut Terlibat

Kini, muncul nama Fauka Noor Farid yang merupakan eks anggota Tim Mawar, disebut-sebut terlibat dalam mobilisasi massa saat kerusuhan di aksi 22 Mei.

Membongkar Dalang Kerusuhan 22 Mei, Kini Muncul Nama Fauka, Eks Tim Mawar Itu Disebut Terlibat
Kolase Tribun Jabar (Tribunnews dan Tribun Jakarta)
Fauka diduga terlibat dalam mobilisasi massa untuk kerusuhan 22 Mei 

TRIBUNJABAR.ID - Kerusuhan di aksi 22 Mei masih menyisakan tanda tanya. Tak sedikit yang penasaran mengenai siapa dalang di baliknya.

Kini, muncul nama Fauka Noor Farid yang merupakan eks anggota Tim Mawar, disebut-sebut terlibat dalam mobilisasi massa saat kerusuhan di aksi 22 Mei.

Nama Fauka Noor Farid muncul berdasarkan hasil investigasi Majalah Tempo.

Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Arif Zulkifli mengatakan, apa yang ditulis Tempo merupakan hasil investigasi jurnalistik, yang harus diukur oleh ukuran-ukuran jurnalistik.

Ia mengatakan, liputan media bukanlah liputan yang pro yustisia.

67 Anak di Bawah Umur Diduga Terlibat Kerusuhan di Jakarta 22 Mei, Ini yang Dilakukan Polisi

"Kami mendapatkan nama Fauka dari sumber yang berkaitan langsung dengan dia dan menjelaskan keterlibatan yang bersangkutan," ujarnya saat menjadi narasumber di Kompas Petang, Senin (10/9/2019).

"Misalnya ada nama Iwan Kurniawan yang menjelaskan secara on the record. On the record adalah sebuah strata tertinggi dalam liputan jurnalistik. Ia menjelaskan tentang pertemuan dan seterusnya (informasi yang mengindikasikan keterlibatan Fauka)," lanjutnya.

Lebih lanjut Arif mengatakan, tentu saja pihaknya punya cukup banyak sumber untuk melakukan konfirmasi atau cek kebenarannya.

Pihaknya memegang teguh, satu sumber bukanlah sebagai sumber.

Massa aksi terlibat kericuhan di depan gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (22/5/209). Aksi unjuk rasa itu dilakukan menyikapi putusan hasil rekapitulasi nasional Pemilu serentak 2019.
Massa aksi terlibat kericuhan di depan gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (22/5/209). Aksi unjuk rasa itu dilakukan menyikapi putusan hasil rekapitulasi nasional Pemilu serentak 2019. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj via Kompas.com)

"Kami punya lebih dari satu sumber untuk peristiwa spesifik tertentu," katanya.

Halaman
1234
Penulis: Yongky Yulius
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved