Pengalihan Arus di Ciamis ke Tol Cipali Dianggap Berpengaruh pada Penurunan Volume Kendaraan

Pengendara yang akan menuju arah Jakarta di Ciamis, dipaksa memutar ke arah Cikijing, Kabupaten Kuningan-Majalengka.

Pengalihan Arus di Ciamis ke Tol Cipali Dianggap Berpengaruh pada Penurunan Volume Kendaraan
Tribun Jabar/ Siti Masithoh
Kondisi GT Palimanan Tol Cipali, Minggu (9/6/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung, menjelaskan, penyebab menurunnya volume kendaraan di jalur selatan Jawa Barat, Nagreg, Kabupaten Bandung, karena banyak upaya cara bertindak yang dilakukan petugas terkait.

Humas Dishub Kabupaten Bandung, Eric Alam Prabowo, mengatakan, di wilayah Ciamis, kepolisian memberlakukan pengalihan arus bagi pengendara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.

Pengendara yang akan menuju arah Jakarta di Ciamis, dipaksa memutar ke arah Cikijing, Kabupaten Kuningan-Majalengka, dan kemudian melanjutkan perjalan ke Tol Cikopo-Palimanan.

Tak Ada Nelayan di Perairan Sekitar Pantai Balongan Indah Indramayu, Ini Alasannya

"Sangat berpengaruh terhadap penurunan jumlah volume kendaraan," kata Eric Di Posko Induk Nagreg Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung, Minggu (9/6/2019).

Tak hanya itu, minat masyarakat menggunakan angkutan umum pun semakin tinggi, belum lagi banyak mengikuti program mudik bersama gratis, yang dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan swasta.

Eric mengatakan, Dishub tingkat provinsi yang melakukan perjalanan mudik gratis pun tidak hanya mengangkut orang, difasilitasi pula pengangkutan kendaraan yang ingin dibawa ke kampung halaman menggunakan moda truk.

"Semoga kedepannya bisa lebih baik, belum lagi bakal adal Tol Cisumdawu serta Cigatas, sehingga titik kemacetan di Nagreg sampai limbangan bisa teratasi dan masyarakat tidak terus dihantui kemacetan," katanya.

Wajah Sendu SBY Bareng AHY dan Ibas, Ekspresinya Pakai Batik Pesanan Ani Yudhoyono Jadi Perbincangan

Pada H+3 lebaran atau Sabtu (8/6/2019), jumlah kendaraan yang melintas di jalur Nagreg dari arah Jawa Tengah menuju Jabodetabek, sebanyak 106.080, sedangkan dari arah sebaliknya 53.561 unit kendaraan.

Dibandingkan tahun lalu, dari arah Jawa Tengah menuju Jabodetabek, sebanyak 119.176 unit kendaraan, sedangkan dari arah sebaliknya, kendaraan yang melintas yakni berjumlah 64.459 unit.

Hari Terakhir Libur Lebaran, Kondisi Lalu lintas di Jalur Wisata Lembang Sudah Kembali Normal

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved