Baru Dipenjara April 2019, Terpidana Korupsi Dana Hibah Tasikmalaya Sudah Diusulkan Dapat Remisi

Hanya saja, kata dia, meski sudah diusulkan mendapat remisi sesuai PP 99, belum ada keputusan resmi dari Ditjen Pas Kemenkum HAM.

Baru Dipenjara April 2019, Terpidana Korupsi Dana Hibah Tasikmalaya Sudah Diusulkan Dapat Remisi
Tribun Jabar/ Mega Nugraha
Sembilan tersangka yakni Abdulkodir selaku Sekda Pemkab Tasikmalaya, Maman Jamaludin selaku Kabag Kesra, Ade Ruswandi selaku Sekretaris DPKAD, Endin selaku Irban Inspektorat, Alam Rahadian dan Eka Ariansyah selaku staf Bagian Kesra serta tiga orang dari unsur swasta. Yakni Lia Sri Mulyani, Mulyana dan Setiawan. 

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Terpidana kasus korupsi dana hibah Pemkab Tasikmalaya yang merugikan negara Rp 3,9 miliar dari unsur aparatur sipil negara (ASN), diusulkan mendapat remisi khusus pada Lebaran 2019.

Padahal, mereka baru divonis bersalah pada April 2019.

Terpidana kasus korupsi hibah yang diusulkan mulai dari eks Sekda Pemkab Tasikmalaya Abdulkodir dan pejabat Pemkab Tasikmalaya seperti Eka Ariansyah, Alam Rahadian, Endin, Maman Jamaludin dan Ade Ruswandi diusulkan mendapat remisi.

"Mereka diusulkan mendapat remisi selama 15 hari karena memenuhi persyaratan sebagaimana diatur di Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 tentang Pengetatan Remisi," ujar Kepala Rutan Kebonwaru Bandung, Heri Kusrita di Jalan Jakarta, belum lama ini.

Hanya saja, kata dia, meski sudah diusulkan mendapat remisi sesuai PP 99, belum ada keputusan resmi dari Ditjen Pas Kemenkum HAM.

Sehinga, hingga kemarin Jumat (7/6), kelimanya belum mendapat remisi.

"Baru diusulkan saja, tinggal menunggu surat keputusan dari Ditjen Kemenkum HAM," ujar Heri.

Abdulkodir dipidana penjara selama 1 tahun ‎4 bulan, mengembalikan uang negara Rp 1,4 miliar dan denda Rp 50 juta.

Maman Jamaludin dipidana 1 tahun 4 bulan, Ade Ruswandi dan Endin 1 tahun. Maman harus mengembalikan uang negara Rp 365 juta dan denda Rp 50 juta.

Ade dan Endin harus mengganti Rp 70 juta dan denda Rp 50 juta. Adapun untuk Eka dan Alam, dipidana selama 1 tahun penjara, mengganti Rp 170 juta dan denda Rp 50 juta.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved