Polda Jabar: Infrastruktur Baru Dukung Kelancaran Arus Mudik

Polri dan instansi terkait sudah menyiapkan strategi teknis untuk kelancaran arus mudik yang disesuaikan dengan infrastruktur yang ada.

Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Kemacetan yang terjadi di jalur selatan Jawa Barat, Jalan Raya Nagreg, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, mengular hingga Jalan Raya Bandung-Garut, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Kamis (6/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

 TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Masa mudik Lebaran 2019 secara umum sudah usai pascapuncak arus mudik pada akhir pekan lalu dengan memanfaatkan akses tol trans jawa, arteri pantai utara dan jalur selatan Jawa Barat (Jabar).

Polri menyebut beroperasionalnya infrastruktur di pulau Jawa memberi dampak positif.

"Adanya infrastruktur baru salah satunya tol trans Jawa sangat mendukung kelancararan arus mudik kendaraan yang melintasi Jabar, baik di jalur utara, tol maupun jalur selatan," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Bandung, Kamis (6/6/2019).

Jalan Setiabudi Menuju Lembang Macet, Sebagian Kendaraan Diarahkan ke Sersan Bajuri

Kata dia, jauh hari, Polri dan instansi terkait sudah menyiapkan strategi teknis untuk kelancaran arus mudik yang disesuaikan dengan infrastruktur yang ada. Hasilnya, sesuai harapan.

"Untuk kelancaran, Polri dan instansi terkait sudah menyiapkan beragam cara bertindak untuk mengatur arus lalu lintas di ruas jalan yang digunakan pemudik," ujarnya.

Misalnya saja, kata mantan Kapolres Purwakarta itu, pemberlakuan contra flow di Tol Jakarta Cikampek arah Cirebon dari KM 29 hingga 41‎, dari 41 hingga KM 61 kemudian dilanjut lagi seterusnya hingga KM 263 di Pejagan.

Adapun kendaraan dari Jateng menuju Jakarta dialihkan melewati jalur arteri pantura.

Pemberlakuan contra flow dikordinasikan Korlantas Mabes Polri karena melibatkan Polda Metro Jaya, Polda Jabar dan Polda Jatim.

Cerita Petugas Traffic Counting Rela Tak Rayakan Lebaran Demi Tugas Negara

"Hasilnya sesuai harapan. Perbedaan mudik tahun ini dengan tahun-tahun lalu ‎ perbedaanya sangat signifikan, tidak ada kepadatan kendaraan sampai berhenti berjam-jam," ujar dia.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved