Peningkatan Volume Sampah Setelah Lebaran di Kota Cimahi Disebut Tak Signifikan

Volume sampah di Kota Cimahi setelah lebaran tahun ini mengalami peningkatan, tetapi peningkatannya tidak terlalu signifikan.

Peningkatan Volume Sampah Setelah Lebaran di Kota Cimahi Disebut Tak Signifikan
tribunjabar/hakim baihaqi
Ilustrasi sampah menumpuk 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menyebutkan volume sampah di Kota Cimahi setelah lebaran tahun ini mengalami peningkatan, tetapi peningkatannya tidak terlalu signifikan.

Kepala UPT Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Usep Koswara, mengatakan, peningkatan volume sampah setelah lebaran tahun ini hanya mencapai lima persen.

Polisi Terapkan Sistem One Way di Jalur Puncak Bogor Mulai Hari Ini

"Ada peningkatan tetapi tidak terlalu besar, itu pun hanya sampah rumah tangga saja. Peningkatannya hanya lima persen," ujar Usep saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Kamis (6/6/2019).

Menurutnya, adanya peningkatan volume sampah tersebut karena konsumsi masyarakat di Kota Cimahi selama Bulan Ramadan hingga lebaran juga mengalami peningkatan.

Biasanya, kata Usep, produksi sampah di Kota Cimahi per harinya berkisar 200 hingga 240 ton perhari.

"Setelah Lebaran memang sudah biasa kalau ada peningkatan sampah, khususnya dari rumah tangga karena konsumsi masyarakat memang meningkat," katanya.

Ajay Sebut Tak Ada Alasan ASN Tidak Masuk di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Ia mengatakan, meski hanya mengalami peningkatan sebanyak lima persen, tetapi pihaknya tetap mengoptimalkan pengangkutan sampah setiap hari ke TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat.

Untuk pengangkutan sampah khusus setelah lebaran tersebut pihaknya tetap menyiagakan semua petugasnya dan menyiapkan sebanyak delapan armada pengangkut sampah.

"Pengangkutan sampah tetap dilakukan secara optimal, untuk saat ini kami sudah menyiapkan delapan armada beserta petugas kebersihan," ucapnya.

Wali Kota Cirebon: Idulfitri Tahun Ini Sangat Spesial, Bangsa Indonesia Raih 2 Kemenangan Sekaligus

Sebelumnya, Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatana mengatakan, sudah melakukan antisipasi dengan cara terus menyiagakan petugas kebersihan setelah lebaran untuk mengangkut sampah lebih cepat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Kalau Aparatur Sipil Negara (ASN) ada liburnya, petugas kebersihan terus bekerja untuk mengangkut sampah. Pengangkutan sampah setelah lebaran pasti dipotimalkan agar tidak terjadi penumpukan," katanya.

Atas hal tersebut, Ajay memastikan dengan dioptimalkannya petugas kebersihan setelah lebaran, peningkatan volume sampah di Kota Cimahi bakal tertangani dengan baik.

Wali Kota Cirebon: Idulfitri Tahun Ini Sangat Spesial, Bangsa Indonesia Raih 2 Kemenangan Sekaligus

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved