Kisah Maman Tukang Ganjal Ban Mobil, Bayaran Hanya Seikhlasnya

Bagi Maman pekerjaan sebagai tukang ganjal ban mobil ketika mogok di tanjakan membawa berkah ketika terjadi kemacetan diwilayahnya itu.

Kisah Maman Tukang Ganjal Ban Mobil, Bayaran Hanya Seikhlasnya
Syarif Pulloh Anwari/Tribun Jabar
Sebuah mobil minibus mogok di tanjakan Rereongan Sarupi, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, dengan sigap tukang ganjal ban mobil langsung membantu dengan menempelkan alat ganjal yang terbuat dari kayu. Kamis (6/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tukang ganjal ban mobil dijalur tanjakan tepatnya di Jalan Rereongan Sarupi, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung ke arah wisata Punclut dan Lembang mendapatkan berkah saat hari raya Idulfitri seperti sekarang.

Profesi dadakan ini dijadikan mendulang rupiah bagi warga bernama Maman (50), warga asal Kampung Cihanja, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Bagi Maman pekerjaan sebagai tukang ganjal ban mobil ketika mogok di tanjakan membawa berkah ketika terjadi kemacetan di wilayahnya tersebut.

"Jalan Rereongan Sarupi ini sering macet yang wisata ke Lembang, tadi kemacetan sekitar pukul 10.00 WIB hingga sekarang, pekerjaan ini juga untuk ngisi kekosongan waktu saja di rumah," Ujar Maman kepada Tribun Jabar, Kamis (6/6/2019).

Kala itu ketika sebuah mobil minibus mogok di jalan tanjakan dengan cekatan alat ganjal yang terbuat dari kayu itu pun langsung ditempelkan di ban mobil minibus sebelah kanan.

Maman tidak sendirian beberapa warga lainnya pun ikut membantu ketika ada sebuah mobil mogok ditanjakan tersebut dan mengatur lalulintas agar tidak terjadi kemacetan yang cukup panjang diwilayahnya itu.

Terkait tarif bayar jasa ganjal ban mobil, Maman mengaku dirinya tidak menarifkan harga kepada pengemudi tersebut hanya membayar seikhlasnya saja.

"Ganjal mobil tidak ditarif hanya bayar seikhlasnya, ada yang ngasih Rp 500 dan paling besar Rp 2000," Ujarnya.

Pekerjaan sebagai tukang ganjal ban itu ia lakukan hanya waktu tertentu seperti hari raya Idulfitri, Tahun Baru dan hari raya lainnya.(*)

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved