Arus Balik Lebaran 2019

Arus Balik Segera Dimulai, Para Pemudik Diimbau Tak Istirahat di Bahu Jalan Tol

Dia menyarankan bagi pengemudi yang kelelahan untuk tidak berhenti di bahu jalan, melainkan beristirahat di sejumlah titik rest area

Arus Balik Segera Dimulai, Para Pemudik Diimbau Tak Istirahat di Bahu Jalan Tol
(Remote Pilot FASI dari KompasTV Subandi)
Antrean kendaraan para pemudik mulai tampak di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (29/5/2019) pukul 12.00 WIB 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk memerhatikan kesehatannya saat hendak melakukan perjalanan selama puncak arus balik pada 7-9 Juni 2019 mendatang.

Dia menyarankan bagi pengemudi yang kelelahan untuk tidak berhenti di bahu jalan, melainkan beristirahat di sejumlah titik rest area yang telah disediakan.

"Bagi pemudiknya sendiri jadi jangan dalam keadaan letih. Kalau letih tidur dulu karena keletihan itu menimbulkan suatu bahaya," kata Budi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2019).

"Bahkan mereka kita harapkan rencanakan kalau berhenti jangan di bahu jalan. Itu dari Pekalongan, Tegal, Cirebon banyak tempat pemberhentian nyaman untuk solat, makanam enak semua. Saya sarankan biar mereka tidak berhenti di bahu jalan tetapi di titik-titik tersebut," lanjutnya.

Terkait manajemen lalu lintas arus balik, Budi mengatakan juga akan menerapkan sistem satu arah atau oneway.

"Kita tetap konsisten oneway berjadwal tanggal 7,8,9 Juni, itu dari KM 263-KM 70. Selanjutnya dari KM 70-KM 29 itu satu atau dua contraflow kita lakukan," jelasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Jasa Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memutuskan sistem satu arah atau one way akan diberlakukan pada arus balik, yakni pada 7-10 Juni pukul 12.00-24.00 WIB.

Adapun sistem one way akan diterapkan mulai dari KM 263 Brebes Barat sampai dengan KM 70 Cikampek Utama.

Selanjutnya, mulai dari KM 70 hingga KM 29 akan diberlakukan contra flow atau Korlantas Polri akan menerapkan kebijakan sesuai dengan situasi di lapangan.

Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved