Demi Jaga Kebersihan, Atiman Sudah 28 Tahun Tidak Salat Ied Bersama Keluarga

Saat sebagian warga melaksanakan salat Idulfitri bersama keluarga, seorang petugas kebersihan bernama Atiman (50), harus bertugas membersihkan lapanga

Demi Jaga Kebersihan, Atiman Sudah 28 Tahun Tidak Salat Ied Bersama Keluarga
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Petugas kebersihan Atiman (50) membersihkan sampah berupa koran seusai Solat Ied di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (5/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Saat sebagian warga melaksanakan salat Idulfitri bersama keluarga, seorang petugas kebersihan bernama Atiman (50), harus bertugas membersihkan Lapangan Gasibu seusai salat Ied, Rabu (5/6/2019).

Sekitar pukul 06.00 WIB, Atiman sedang duduk dan memeriksa setiap sudut Lapangan Gasibu yang harus bersih dari sampah yang berserakan.

Lengkap memakai pakaian rompi khas petugas kebersihan berwarna kuning serta topi yang selaras dengan rompinya tersebut, Atiman langsung memungut satu per satu sampah semisal bekas koran dan lain-lain.

Sampah tersebut dibawa dan dimasukannya ke dalam tong sampah.

"Sudah rutin setiap hari raya seperti Idulfitri dan Iduladha jarang bareng sama keluarga untuk Salat Ied karena ini sudah tugas," Ujar Atiman kepada Tribun Jabar di Lapangan Gasibu, Rabu (5/6/2019).

Idulfitri, Terpidana Korupsi Nazaruddin Dapat Remisi, Tapi Setnov dan Zumi Zola Tidak

Atiman mengaku sudah tidak pernah Salat Ied bersama keluarga sejak tahun 1991. Berarti sudah 28 tahun, ia bertugas membersihkan fasilitas publik dari sampah saat perayaan Idulfitri.

"Saya di sini dari malam kemarin, hari ini tugas sampai pukul 09.00 WIB, lalu saya pulang ke Pangalengan, Kabupaten Bandung, dan bisa berkumpul keluarga di sana," ujar ayah dua anak tersebut.

Pekerjaannya tersebut ia jalankan dengan ikhlas karena sudah menjadi tugasnya dan pihak keluarga pun sudah paham dengan pekerjaannya tersebut.

"Sudah tugas jalan dengan ikhlas dan yang paling penting pekerjaan ini bisa menghidupi keluarga," ujarnya.

Sekitar pukul 07.30 WIB, jemaah pun selesai melaksanakan salat Ied di Lapangan Gasibu. Ia pun langsung bergegas membersihkan sampah yang berserakan.

Sesekali, Atiman melayani jemaah yang meminta tolong untuk memfotokannya.

Salat Idulfitri di Masjid Agung Sumber Kabupaten Cirebon, Warga Harapkan Masjid Ini Menjadi Ikon

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved