Dokter dan Dosen Tersangka Kasus Ujaran Kebencian Dapat Penangguhan Penahanan dari Polda Jabar

Dua tersangka kasus ujaran kebencian mendapat penangguhan penahanan dari Polda Jabar. Satu dokter, satu lainnya dosen.

Dokter dan Dosen Tersangka Kasus Ujaran Kebencian Dapat Penangguhan Penahanan dari Polda Jabar
Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Dosen pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, Solatun Dulah Sayuti (SDS) ditangkap penyidik Ditreskrimsus Polda Jabar karena diduga menyebar ujaran kebencian di media Facebook. Foto diambil pada Jumat (10/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -‎ Penyidik Ditreskrimsus memberikan penangguhan penahanan terhadap Dodi Suardi, tersangka kasus ujaran kebencian lewat media sosial.

Dodi merupakan dokter di Rumah Sakirt Hasan Sadikin (RSHS).

"Penahanannya ditangguhan‎, disetujui. Tapi bukan bebas dari proses hukum, penyidikannya tetap berjalan," ujar Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar Kombes Samudi via ponselnya, Selasa (4/6/2019).

Dodi ditangkap di kediamannya di Kota Bandung dua pekan lalu karena mengunggah konten ujaran kebencian dan informasi hoaks polisi menembak anak 14 tahun saat kerusuhan di Jakarta via akun Facebook miliknya.

Samudi menambahkan, keluarga Dodi mengajukan penangguhan penahanan dan memastikan Dodi tidak akan melarikan diri atau menghilangkan barang bukti.

"Ada pengajuan permohonan dari pihak pelaku, dalam KUHAP atau UU pihak pelaku atau keluarga boleh mengajukan penangguhan. Selama tidak ada pengajuan permohonan penangguhan, ya, tidak kami tangguhkan," u‎jarnya.

Polisi menjerat Dodi dengan 14 ayat 1 dan ayat 2, serta pasal 15 UU No. 1 tahun 1946 tentang Peraturan hukum pidana dan 207 KUHPidana dengan ancaman di atas lima tahun penjara.

Tersangka kasus ujaran kebencian lainya, Solatun Dulah Sayuti, juga turut ditangguhkan penahanannya. ‎Pria yang mengaku berprofesi sebagai dosen ini ditangkap karena ujaran kebencian yang diunggah di Facebook terkait wacana people power di Jakarta.

VIDEO Dokter RSHS Dodi Suardi Ditangkap Karena Sebar Hoaks, Dirut RSHS Tanggapi Begini

FAKTA-FAKTA Kasus Solatun, Mantan Dosen Unpas & Caleg DPR, Ditangkap karena Posting Ujaran Kebencian

Penulis: Mega Nugraha
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved