Mudik Lebaran 2019

Posko Kesehatan di Alun-alun Cimahi Setiap Hari Didatangi Pasien Pemudik, Ini Keluhannya

Rata-rata dua sampai lima pemudik mendatangi posko kesehatan di Alun-alun Cimahi. Ini keluhan mereka.

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Posko Kesehatan di Alun-alun Cimahi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Posko kesehatan yang disedikan Dinas Kesehatan Kota Cimahi setiap harinya kerap menerima pasien yang didominasi oleh pemudik sepeda motor setelah menempuh perjalanan cukup jauh.

Posko kesehatan tersebut berada di Alun-alun Cimahi, Jalan Amir Machmud dan tersedia juga di Rest Area KM 125 Tol Purbaleunyi, Cibeber, Kota Cimahi untuk melayani pemudik yang sakit akibat kelelahan.

Dokter yang bertugas di posko kesehatan Alun-alun Cimahi, Nazhifa Ufamy, mengatakan, keluhan kesehatan para pemudik yang masuk ke posko kesehatan rata-rata mereka merasakan pusing akibat kelelahan.

"Lalu mereka istrirahat di sini dan kami memberikan perawatan hingga memberikan obat secara gratis. Setelah agak enakan biasanya mereka berangkat lagi," ujarnya saat ditemui di Alun-alun Cimahi, Senin (3/6/2019).

Untuk melayani pemudik, pihaknya memastikan stok obat di posko kesehatan masih aman dan apabila ada pemudik yang sakit parah, pihaknya akan merujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat.

"Obat dan peralatan aman karena kami bekerja sama dengan puskesmas, jadi tidak akan kehabisan stok obat-obatan," katanya.

Koordinator Posko Pelayanan Kesehatan di Kota Cimahi, Mohammad Dwihadi, menambahkan, hingga H-2 Lebaran, jumlah pemudik yang memanfaatkan Posko Kesehatan di Kota Cimahi mencapai sekitar 30 orang.

"Kalau sampai hari ini, ada sekitar 30 orang. Rata-rata per hari 2 hingga 5 orang. Rata-rata pemudik mengalami kelelahan. Selain itu, ada juga yang merasakan mual, pusing. hingga masuk angin," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada para pemudik harus menjaga kondisi tubuh dan tidak memaksakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh.

"Jika sudah merasa lelah dan ada keluhan penyakit, kami sarankan para pemudik untuk diperiksa di Posko Pelayanan Kesehatan," katanya.

Di posko kesehatan tersebut pihaknya sudah menyiagakan satu dokter, dua perawat, dan mobil ambulans beserta sopirnya yang disiapkan untuk melayani pemudik apabila dibutuhkan.

"Semua pelayanan medis termasuk obat-obatan diberikan secara gratis, termasuk makanan ringan. Karena kami tidak cuma siapkan obat, tapi juga makanan ringan," ucapnya.

Menjelang Malam Takbiran, Polres Cimahi Masih akan Merazia Minuman Keras

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved