Mudik Lebaran 2019

Dominasi Arus Mudik, 180 Ribu Pemudik Pengendara Motor Lintasi Jalur Nagreg

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung mencatat, pemudik yang menggunakan sepeda motor masih mendominasi jalur selatan Jawa Barat, Kecamatan Nag

Penulis: Hakim Baihaqi | Editor: Theofilus Richard
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Kondisi arus lalu lintas di jalur selatan Jawa Barat, Jalan Raya Nagreg, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, terpantau normal pada Minggu pagi (2/6/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung mencatat, pemudik yang menggunakan sepeda motor masih mendominasi jalur selatan Jawa Barat, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung.

Berdasarkan data Traffic Counting (TC) Kendaraan Dishub Kabupaten Bandung, mulai dari H-7 hingga Minggu (2/6/2019) pukul 08.00 WIB, jumlah kendaraan roda dua yang melintas sebanyak 188.034 unit atau meningkat 3,9 persen, dibandingkan tahun lalu yakni sekitar 130 ribu.

Sedangkan untuk kendaraan pribadi dan kendaraan roda empat lainnya, dari H-7 hingga H-3 pagi, sebanyak 92.052, bus mini sebanyak 5.045 unit kendaraan, dan bus besar 4.175.

H-3 Lebaran, Jalur Alternatif Mudik Jatibarang - Krangkeng Sepi

Dari hasil penghitungan persentase Dishub Kabupaten Bandung, kendaraan roda dua yang melintas sebanyak 57 persen, roda empat 39 persen, dan bus 11 persen.

Humas Dishub Kabupaten Bandung, Eric Alam Prabowo, mengatakan bahwa pada Sabtu (1/6/2019), diprediksi sebagai puncak arus mudik lebaran 2019.

Namun pada hari tersebut, tidak terlihat kemacetan panjang.

Ia menambahkan, menurunnya jumlah kendaraan roda empat yang melintas di jalur Nagreg, tidak terlepas dari adanya Tol Transjawa dari Banten hingga Jawa Timur.

"Sebagian besar kendaraan roda empat memilih tol dan kendaraan roda dua tetap mendominasi, meskipun lebih menurun dibandingkan tahun lalu," kata Eric di Posko Induk Nagreg Dishub Kabupaten Bandung, Jalan Raya Nagreg, Minggu (2/6/2019).

Minggu Pagi, Situasi Arus Lalu Lintas di Nagreg Masih Normal, Polisi Alihkan Arus

Pantauan Tribun Jabar, tidak berbeda dengan hari sebelumnya, kendaraan yang melaju dari arah Bandung menuju Tasikmalaya melaju dengan kecepatan normal, 40 sampai 60 kilometer.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menyebutkan, arus mudik lebaran 2019 di Jawa Barat terpantau lancar dibandingkan dengan tahun lalu.

Ditemui di Pos Pelayanan Lebaran 2019 Polres Bandung di Simpang Cikaledong Nagreg, Kabupaten Bandung, Trunoyudo mengatakan, untuk Operasi Ketupat 2019, puncak arus itu diprediksi tanggal 30 Mei, 31 Mei, 1 Juni, dan 2 juni.

"Tanggal 30 sama 31 sudah dilewati, artinya Ini lancar. persoalan di tahun lalu berarti sudah lebih baik, karena lancar," kata Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

VIDEO-Si Goyang Boboho Kompol Tutu Mulyana Hibur Pemudik di Jalur Pantura Cirebon

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved