Mudik Lebaran 2019

Arus Lalu Lintas di Jalan Tol Batang-Semarang Naik Hampir 3 Kali Lipat dari Hari Biasa

Sedang pada 30 Mei 2019, sebanyak 49.625 kendaraan, naik 292 persen dari LHR normal 12.653 kendaraan

Arus Lalu Lintas di Jalan Tol Batang-Semarang Naik Hampir 3 Kali Lipat dari Hari Biasa
TRIBUNNEWS.COM/Hermawan Handaka
Petugas Gerbang Tol Kali Kangkung Semarang sedang melakukan pengecekan jumlah kendaraan yang masuk dan keluar Gerbang Tol Kali Kangkung, Kamis (23/5). Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui jumlah volume kendaraan. Selain itu untuk mengurai kemacetan petugas juga sudah memasang gerbang tol tambahan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNJABAR.ID, BATANG - Antusiasme pemudik untuk melewati Jalan Tol Trans Jawa terlihat dari meningkatnya volume lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang yang merupakan GT Utama di Jawa Tengah.

“GT Kalikangkung menerima transaksi pengguna jalan yang berasal dari jalan tol sebelumnya, yaitu Jalan Tol Pemalang-Batang, untuk menuju ke arah Kota Semarang maupun melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur dan sekitarnya,” papar Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti.

Selama dua hari atau pada periode H-7 s.d H-6 Lebaran 2019 (29-30 Mei 2019), PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku anak usaha Jasa Marga yang mengoperasikan Jalan Tol Batang-Semarang mencatat volume lalu lintas yang masuk ke Jawa Tengah meningkat signifikan, yaitu sebesar 81.460 kendaraan.

“Angka ini naik 234 persen dari Lalulintas Harian Rata-Rata (LHR) normal sebesar 24.352 kendaraan,” terangnya.

Rincian kedua hari tersebut adalah sebagai berikut 29 Mei 2019, sebanyak 31.835 kendaraan, naik 172 persen dari LHR normal 11.699 kendaraan

Sedang pada 30 Mei 2019, sebanyak 49.625 kendaraan, naik 292 persen dari LHR normal 12.653 kendaraan

Untuk meningkatkan kemanan dan kenyamanan pengguna jalan, PT JSB memaksimalkan 22 Gardu Operasi di GT Kalikangkung serta penambahan 11 Mobile Reader untuk melayani transaksi pemudik yang masuk ke wilayah Jawa Tengah tersebut.

Selain itu, PT JSB juga dengan diskresi Kepolisian melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas, menempatkan petugas di lokasi-lokasi rawan kepadatan dan kecelakaan, serta terus menyosialisasikan nomor call center PT JSB.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan yang melakukan perjalanan jauh Jalan Tol Trans Jawa untuk memastikan kondisi pengendara dan kendaraan dalam keadaan prima, serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik Anda.(*)

Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved