Mendag Enggartiasto Lukita: Kuatkan Brand Lokal, Saya Tidak Mungkin Hentikan Arus Barang Masuk

Contoh barang dari Cina. Menurut Enggartiasto Lukita, kualitas barang dari Cina terbilang memiliki kualitas yang baik didukung harga yang murah

Mendag Enggartiasto Lukita: Kuatkan Brand Lokal, Saya Tidak Mungkin Hentikan Arus Barang Masuk
Tribun Jabar/Putri Puspita Nilawati
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita saat meresmikan Upnormal Coffee Roaster Global Project, di Jalan RE Martadinata No 158, Kota Bandung,┬áKamis (30/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Minum kopi menjadi gaya hidup generasi masa kini. Di berbagai sudut perkotaan berbagai coffee shop selalu ramai dan selalu bertambah setiap harinya.

Salah satunya adalah Upnormal Coffee Roaster Global Project yang hari ini diresmikan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, di Jalan RE Martadinata No 158, Kota Bandung.

Enggartiasto mengaku merasa bangga ada produk lokal yang berani bersaing membuka gerai di hadapan produk internasional.

"Saya ingin mereka bisa membuka di setiap kota dan di kota-kota besar mereka harus lebih dari satu. Sambil berjalan itu tidak harus menunggu sekarang kalau sudah ke 100, ayo buka di beberapa tempat lain nanti di Dubai Expo mereka juga masuk, kemudian nanti juga di trade Expo mereka juga harus masuk," ujarnya, Kamis (30/5/2019).

Enggartiasto Lukita mengatakan masuknya Upnormal ke trade expo akan mendatangkan pembeli luar negeri datang ke Indonesia.

Hal ini tentu menguntungkan karena penjualan kopi yang meningkat akan menambah neraca perdagangan.

Ia juga mengatakan saat ini Indonesia tidak dapat menahan masuknya barang atau brand dari luar negeri. Namun masuknya barang dan brand dari luar perlu dibarengi dengan penguatan brand-brand lokal.

Dreezel Coffee Tawarkan Ngopi Unik, Pelanggan Bisa Bereksperimen Sesuai Selera

VIDEO: Mengintip Kopi Gesa, Mini Coffee Shop Tersembunyi di Gedung Sate

"Saya tidak mungkin menghentikan arus barang masuk. Dalam trade war yang terjadi saat ini, ada dua yakni pelemahan ekonomi dunia, daya beli dunia lalu kedua arus barang masuk," ucap Enggartiasto Lukita saat memantau cafe brand lokal di Jalan Riau, Kota Bandung, Kamis (30/5/2019).

Dia mencontohkan barang dari Cina. Menurut Enggartiasto, kualitas barang dari Cina terbilang memiliki kualitas yang baik didukung harga yang relatif murah.

Halaman
12
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved