Kunjungi Pasar Cicadas, Mendag Sebut Harga Kebutuhan Pokok Terjangkau, Kecuali Daging Ayam Naik

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan komoditas harga bahan pokok masih terjangkau masyarakat pada H-3 Lebaran

Kunjungi Pasar Cicadas, Mendag Sebut Harga Kebutuhan Pokok Terjangkau, Kecuali Daging Ayam Naik
Tribunjabar/Mega Nugraha
Mendag Enggartiasto Lukita di Pasar Cicadas, Kota Bandung, Kamis (30/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan komoditas harga bahan pokok masih terjangkau masyarakat pada H-3 Lebaran 2019. Ia mengunjungi dua pasar tradisional di Kota Bandung, Pasar Cicadas dan Kosambi pada Kamis (30/5/2019).

"Sejauh ini harga komoditas bahan pokok masih normal, kita lihat beras saja berlebih tidak ada kekhawatiran yang biasanya fluktuasi itu daging tapi daging juga aman harganya Rp 115 ribu dari biasanya Rp 120 ribu dan dijamin pemerintah daerah dan ada stok di rumah potong hewan (RPH) yang siap didistribusikan sesuai kebutuhan," ujar Lukita, di Pasar Cicadas.

Selain didukung fakta harga beras dan daging yang masih normal, ia juga menjadikan variabel bawang merah, putih dan cabe merah sebagai ukuran.

"Kemudian bawang putih sudah turun normal bahkan di bawah dari apa yang kita target minimal Rp 35 (ribu) tapi ini sudah di bawah dan ini pasti masuk lagi sehingga jumlah cukup," ujar dia.

Dalam kunjunganya itu, selain meninjau pedagang beras, daging sapi, bawang, cabai hingga sayuran, ia juga mengecek harga daging ayam. Tidak dipungkirinya, terdapat kenaikan harga ayam potong jelang lebaran ini.

Polisi Sebut Puncak Arus Mudik akan Terjadi pada Kamis 30 Mei 2019, Ini Tips untuk Pemudik

Daging ayam kerap digunakan masyarakat untuk hidangan opor ayam yang disantap di hari Lebaran.
‎Saat ini, harga pasaran daging ayam berada di atas Rp 30 ribu untuk ukuran sedang, padahal sebelumnya bisa di bawah harga tersebut.

"Ayam memang ada sedikit kenaikan tetapi ini sangat dilematis. Beberapa waktu lalu beberapa kali peternak datang ke kantor menyampaikan keluhan memberikan data mereka mengalami kerugian cukup besar karena harga turun drastis menyangkut telur dan daging ayam," katanya.

Menurut Lukita,harus ada keseimbangan antara pasokan dengan harga. Dengan begitu, bahan pokok tidaklah impor mesti harus impor.

Ruas Tol Cipali Mulai Padat dari KM 68 sampai KM 81 padahal Sudah One Way Sejak di GT Cikampek Utama

"Karena neraca perdagangan terganggu dan yang lebih utama kita harus memerhatikan petani kita bagaimana mendorong petani benar-benar tertarik untuk menanam," katanya.

Dari hasil pengecekan tersebut, Lukita mengapresiasi Satgas Pangan dan satuan tugas lainnya di tiap daerah yang turut menjaga kestabilan harga bahan pokok. ‎ Ia berharap sinergitas tersebut dipertahankan. Bahkan ia mengklaim dalam kurun waktu 3 tahun terkahir, di saat menjelang lebaran, harga bahan pokok terus terjaga

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved