Dinkes Cimahi Siapkan Posko Kesehatan Bagi Pemudik di Tengah Kota dan Rest Area

Kota Cimahi menyediakan Posko Kesehatan di Alun-alun Cimahi dan Rest Area Jalan Tol Purbaleunyi KM 125 untuk melayani pemudik

Dinkes Cimahi Siapkan Posko Kesehatan Bagi Pemudik di Tengah Kota dan Rest Area
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Posko Kesehatan yang disediakan Dinkes Kota Cimahi di Alun-alun Cimahi, Kamis (30/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Kesehatan Kota Cimahi menyediakan Posko Kesehatan di Alun-alun Cimahi dan di Rest Area Jalan Tol Purbaleunyi KM 125 untuk melayani pemudik yang melintas Kota Cimahi.

Posko kesehatan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pemudik yang kelelahan dan merasa sakit saat diperjalanan. Nanytinya para petugas posko tersebut akan memberikan pelayanan kesehatan.

Kepala Dinkes Kota Cimahi, Pratiwi, mengatakan, untuk menyediakan posko tersebut pihaknya bekerja sama dengan organisasi profesi IDI, PPNI, PMI dan enam rumah sakit di Kota Cimahi dan beroperasi dari 29 Mei hingga 11 Juni 2019.

"Setiap posko dilengkapi dengan satu ambulans dan tenaga kesehatan yang terdiri atas, satu dokter, dua perawat dan satu sopir, jadi pemudik bisa mendapat pelayanan kesehatan," ujarnya di Alun-alun Cimahi, Kamis (30/5/2019).

Posko Kesehatan di Terminal Cicaheum Kota Bandung Siaga Layani Pemudik dan Petugas, Sejak Kemarin

Ia mengatakan secara keseluruhan personel yang disiapkan untuk siaga di posko tersebut sebanyak 50 orang dengan sistem kerja piket atau bergantian dan mereka akan bekerja mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran.

Apabila ada pasien yang mengalami sakit parah pihaknya bisa langsung merujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat. Sedangkan untuk posko kesehatan di rest area tol dirujuk di RS Cahaya Kawaluyaaan Padalarang.

"Di ruas tol pasti banyak dilalui kendaraan pemudik. Maka kita dirikan posko kesehatan di rest area untuk memberikan pelayanan kesehatan," ucapnya.

Pratiwi mengimbau dalam masa mudik dan balik lebaran, masyarakat harus menjaga kesehatan dengan baik, terlebih saat ini musim peralihan cuaca atau pancaroba.

VIDEO Posko Kesehatan di Terminal Cicaheum Kota Bandung Siaga Layani Pemudik dan Petugas

"Sehingga ada beberapa jenis penyakit yang harus diwaspadai seperti diare, batuk, flu. Kondisi tubuh yang menurun akan gampang dihinggapi berbagai jenis penyakit," kata Pratiwi.

Pihaknya menyarankan para pemudik harus makan makanan yang sehat, bergizi dan berimbang serta banyak beristirahat. Apalagi bagi mudik yang menggunakan sepeda motor.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved