Wabup Bandung Perintahkan BPBD dan Damkar Bersihkan Ceceran Tanah Galian C di Nagreg

Wakil Bupati Bandung, Gungun Gunawan, memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran untuk membersihkan ceceran

Wabup Bandung Perintahkan BPBD dan Damkar Bersihkan Ceceran Tanah Galian C di Nagreg
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Sebagian ruas Jalan Raya Lingkar Nagreg, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, masih tertutupi pasir atau material tanah yang berasal dari sejumlah lokasi galian C di sekitar jalan tersebut, Selasa (28/5/2019) atau H-8 lebaran 2019. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Bupati Bandung, Gungun Gunawan, memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran untuk membersihkan ceceran lumpur dari galian C di Jalan Raya Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung.

"Kami sudah meninjau dan sudah dikoordinasikan pula dengan BPBD dan Dinas Pemadam Kebakaran," kata Gun-gun saat ditemui di Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (29/5/2019).

Ia mengatakan, upaya pembersihan tersebut harus segera dilakukan, mengingat Jalan Raya Lingkar Nagreg akan dilintasi oleh para pengendara paling banyak pada saat arus balik lebaran 2019.

Banyak Ceceran Tanah Galian C di Jalan Nagreg, Satlantas Polres Bandung Desak Pengusaha Bersihkan

Ia mengimbau, kepada seluruh pengendara yang melintasi Jalan Raya Lingkar Nagreg untuk berhati-hati, karena di jalur tersebut bisa saja terjadi longsoran kecil dan ceceran tanahnya bisa menutupi badan jalan.

"Seluruh petugas akan standby di Nagreg, akan bekerja spontan bila terjadi hal yang tidak diinginkan," katanya.

Menjelang arus mudik lebaran 2019, sebagian ruas Jalan Raya Lingkar Nagreg, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, masih tertutupi material tanah yang berasal dari sejumlah lokasi galian C di sekitar jalan tersebut.

Di ruas Jalan Raya Lingkar Nagreg, ceceran material tanah yang mengering dari lokasi galian C, menutupi hampir sebagian lebar badan jalan dan beberapa pengendara pun terlihat berkendara menghindari hambatan tersebut.

Pada siang hari, material tanah itu pun berterbangan dan menganggu pandangan pengendara yang melintas, hal tersebut sangat menganggu, terutama bagi pengendara roda dua.

Namun saat diguyur hujan, ceceran dari galian C itu berubah menjadi licin, sehingga membahayakan para pengendara.

Hal tersebut ditambah kondisi Jalan Raya Lingkar Nagreg yang memiliki banyak kelokan dan menurun.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bandung, AKP Hasby Ristama, mengatakan, kondisi tersebut sangat membahayakan, terlebih jalur tersebut akan banyak lintasi oleh para pengendara saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

"Untuk saat ini belum ada kejadian, tetapi itu berbahaya sangat berbahaya bila dibiarkan," kata Hasby.

Terkait hal tersebut, kata Hasby, pihaknya sudah menegur sejumlah pengusaha galian C, agar secepatnya membersihkan jalur tersebut dari ceceran material tanah, sehingga pengendara kembali merasakan kenyamanan.

"Kami akan terus tindak lanjuti," kata Hasby.

Pos Terpadu Limbangan Dilengkapi Alat Keamanan Anti Peluru

Warga Tuntut Pengusaha Galian C Bersihkan Ceceran Tanah Galian di Jalan Raya Lingkar Nagreg

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved