Tiga Bus AKDP di Terminal Ciamis Tak Laik Jalan, Penumpang Langsung Diturunkan

Tiga bus di Terminal Ciamis ditemukan tak laik jalan. Langsung dikembalikan. Tak boleh bawa penumpang.

Tiga Bus AKDP di Terminal Ciamis Tak Laik Jalan, Penumpang Langsung Diturunkan
Tribunjabar/Cipta Permana
Ilustrasi pengecekan bus. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Tim gabungan yang dipimpinan langsung Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso melakukan pengecekan kelaikan kendaraan umum yang masuk Terminal Ciamis pada H-7, Rabu (29/5/2019).

Tim gabungan memulangkan tiga bus yang tidak layak jalan.

Ketiga bus antar kota dalam provinsi (AKDP) tersebut ditilang dan tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Penumpangnya dialihkan ke mobil dari perusahaan otobis (PO) yang sama.

“Pengecekan hari ini ada tiga bus yang tidak memenuhi syarat atau tidak laik jalan,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso kepada Tribun dan wartawan lainnya di Terminal Ciamis, Rabu siang.

Tim gabungan untuk pemeriksaan kelayakan kendaraan angkutan Lebaran tersebut tidak hanya dari jajaran Satlantas POlres Ciamis, juga dari  pejabat Dishub Ciamis lengkap dengan petugas uji KIR, personel Sub Den POM Ciamis, dan Organda Ciamis.

Selain pemeriksaan kelayakan  kendaraan, juga dilakukan tes urine terhadap pengemudi bus yang dilakukan langsung oleh BNN Kabupaten Ciamis yang dipimpin langsung Kepala BNN Ciamis, AKBP Yaya Setianegara berikut juga gabungan dari Satnarkoba Polres Ciamis.

Menurut Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso,  ketiga bus yang dilarang melanjutkan perjalanan tersebut karena izin trayeknya berbeda dengan identitas kendaraan, STNK-nya tidak asli, serta bus satu bus lainnya menggunakan ban vulkanisir di depan dan di belakang.

“Demi keselamatan penumpang ketiga bus tersebut tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Penumpangnya dialihkan ke bus dari PO yang sama,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso.

Setiap bus yang masuk Terminal Ciamis Rabu (29/5/2019) siang tersebut satu per satu dihentikan petugas gabungan.

Kondisi kendaraan dicek kelayakannya, dicek kelengkapan surat-suratnya, sementara pengemudi menjalani tes urine dan dicek tensi darah.

Menurut Kepala BNN Ciamis AKBP Yaya Setianegara tes urine ini untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pengemudi angkutan Lebaran yang menggunakan narkoba atau obat terlarang.

“Dari 30 sopir yang menjalani tes urine semuanya negatif. Tidak ada yang mengkonsumsi narkoba maupun obat terlarang,” ujar Kepala BNN Ciamis, AKBP Yaya Setianegara.

Dinkes dan BNN Kota Tasikmalaya Gelar Tes Urine dan Kesehatan Sopir Bus Jelang Mudik, Ini Hasilnya

Puskesmas di Ciamis Siaga 24 Jam Saat Arus Mudik & Balik, Masjid Diimbau Sediakan Res Area

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved