Menteri PUPR Pastikan Infrastruktur untuk Mudik Lebaran Telah Siap

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Muljono, memastikan, seluruh infrastruktur

Menteri PUPR Pastikan Infrastruktur untuk Mudik Lebaran Telah Siap
Kolase Tribun Jabar/Kompas.com
Basuki Hadimuljono, menteri PUPR 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Muljono, memastikan, seluruh infrastruktur untuk mudik lebaran 2019 sudah siap dan aman digunakan bagi pemudik.

Basuki mengatakan, seluruh infrastruktur bagi pemudik telah disiapkan semuanya, pihaknya pun beberapa waktu lalu melakukan peninjauan ke jalur utara dan semuanya telah dicek pula oleh Kakorlantas Polri.

"Untuk jalur nasional pun sudah siap," kata Basuki di Jalan Raya Nagreg, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (29/5/2019).

Untuk kelancaran selama arus mudik, kata Basuki, tiga faktor kelancaran ada tiga, yakni kesiapan infrastruktur, manajemen lalu lintas yang dilakukan polisi, dan perilaku pengendara.

"Bu Menko PMK sudah bilang, kalau tiga ini bisa dilakukan, pasti akan lancar dan nyaman," katanya.

Sejumlah menteri lainnya melakukan kunjungan ke jalur selatan Jawa Barat pada Rabu (29/5/2019, yakni Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menko PMK RI, Puan Maharani; dan Menteri Kesehatan, Nila Moeloek.

Reaksi Vincent Raditya Ketika Lisensi Terbangnya Dicabut, Tiga Kesalahan yang Disoroti Kemenhub

Menggunakan helikopter Badan SAR Nasional, para menteri tersebut turun di Lapangan Desa Nagreg, lalu berangkat menuju Pos Pengamanan Nagreg dan berakhir di Pos Pengamanan Limbangan.

Menko PMK RI, Puan Maharani, mengatakan, peninjauan tersebut dilakukan untuk memantau persiapan arus mudik lebaran 2019 yang akan dimulai pada hari ini dan puncaknya diprediksi terjadi pada Jumat (31/5/2019).

"Di sini sudah dilakukan persiapan untuk mengatur arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju daerah Jawa Barat, yaitu Limbangan dan Tasikmalaya," kata Puan di Pos Pemanganan Nagreg, Jalan Raya Nagreg, Kabupaten Bandung.

Terkait kesiapan, kata Puan, kepolisian pun akan melakukan berbagai upaya, mulai dari kanalisasi, pengaturan arus satu arah, penyediaan jalur alternatif, dan penyediaan posko kesehatan bagi pemudik.

Jelang Arus Mudik Lebaran 2019, Menhub Budi Karya Sumadi Imbau Pemudik Gunakan Jalur Selatan

Semuanya dilakukan, atas kerja sama antara pemerintah daerah serta aparat kepolisian setempat, untuk memperlancar arus mudik di jalur selatan.

Ia pun mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban, kesehatan, dan keamanan, jangan sampai menggangu rambu-rambu lalu lintas yang sudah ditentukan oleh aparat.

"Kalau merasa lelah jangan buru-buru, istirahat di posko mudik," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved