Mudik Lebaran 2019

H-7 Lebaran, Jumlah Pemudik di Terminal Cicaheum Mulai Alami Peningkatan

H-7 Lebaran jumlah pemudik di Terminal Cicaheum mulai mengalami peningkatan.

H-7 Lebaran, Jumlah Pemudik di Terminal Cicaheum Mulai Alami Peningkatan
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Suasana H-7 lebaran di Terminal Cicaheum Kota Bandung, Rabu (29/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - H-7 menjelang Lebaran jumlah penumpang di Terminal Cicaheum mengalami peningkatan sebanyak lima persen, Rabu (29/5/2019).

Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto mengatakan sejak pagi hingga sore penumpang sudah terlihat mengalami peningkatan tapi belum signifikan.

Ia memprediksi lonjakan baru terjadi H-3 Lebaran.

"Sudah ada yang mudik, menuju ke Kuningan dan Tasikmalaya dari kota ke dalan provinsi tapi kalau antar kota ke luar provinsi mulainya malam ini dimulai pukul 15.00 WIB. Diperkirakan ada lonjakan dari hari biasa, ya, sekitar lima persen dari hari biasa. Hasil evaluasi puncak arus mudik H-3 dan H-2," ujar Roni Hermanto saat ditemui Tribun Jabar di kantornya, Rabu (29/5/2019).

Berdasarkan penghitungannya, di hari biasa rata-rata jumlah penumpang yang berangkat dari Teriminal Cicaheum sebanyak 1.500 orang.

Roni mengatakan untuk arus mudik di Terminal Cicaheum biasanya penumpang menuju ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk antar kota Provinsi.

"Antar-kota antar provinsi ke Purwokerto, Wonosobo, Semarang, Solo, Wonogiri, Malang, Surabaya dan antar-kota dalam provinsi yang dominan Pangandaran, Tasikmalaya, dan Kuningan," ucapnya.

Pihaknya untuk arus mudik Lebaran 2019 menyiapkan 203 unit bus armada dengan rincian AKAP 86 bus, AKDP 82 bus, bantuan perum Damri 20 bus, dan cadangan AKAP dan AKDP 15 bus dengan jumlah tempat duduk 8.323.

Menurut pantauan Tribun Jabar di Terminal Cicaheum tampak terlihat beberapa pemudik yang sedang duduk dan menunggu keberangkatan bus.

Seorang warga, Faris Albarizi (22), asal Lamongan Jawa Timur mengatakan memilih berangkat lebih awal untuk menghindari terjadinya lonjakan penumpang.

"Saya ngajar di SD dan SMA di Jatinangor, sekaligus kuliah juga, milih mudik sekarang biar enggak macet dan mudiknya merasa tenang yang penting sudah ditungguin orang tua," kata Faris.

Ia mengatakan baru pertama kali mudik menggunakan bus.

Kapolres Majalengka Prediksi Arus Mudik Mulai Padat Esok, Kamis 30 Mei

Polres Indramayu Imbau Pemudik Tak Lalui Jalur Alternatif Jatibarang-Krangkeng, Ini Sebabnya

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved