Cerita Kartini Jadi Hafizah 30 Juz, Sempat Mogok Menghafal Sebulan, yang Sulit Surat Toha & Maryam

Cerita Kartini jadi hafizah 30 juz. Sempat mogok menghafal sebulan, yang paling sulit Surat Toha dan Maryam.

Cerita Kartini Jadi Hafizah 30 Juz, Sempat Mogok Menghafal Sebulan, yang Sulit Surat Toha & Maryam
Tribun Jabar/Muhammad Nandri Prilatama
Kartini Fujianti Agustin (22) mahasiswi semester 6 Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir Fakultas Ushuludin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, penghafal Alquran 30 juz. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kartini Fujianti Agustin gadis berusia 22 tahun putri dari pasangan Solahudin Rasyid dan Nimas Iin Karlina merupakan penghafal Alquran 30 juz.

Bermula dari dorongan orang tua, Tini sapaan Kartini mengaku sangat tak tertarik dalam menghafal Alquran.

Sejak Madrasah Ibtidaiyah kemudian Tsanawiyah, kata Tini, dia hanya mengaji di masjid dekat rumah dan hanya belajar membaca Alquran.

"Tapi sejak SMA itu, orang tua meminta saya untuk mondok dan mengikuti keinginan mereka menjadi hafizah," ujarnya di kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Sabtu (25/5/2019).

Tini mengatakan dia mulai menghafal Alquran ketika duduk di kelas 2 SMA atau tepatnya pada 2012.

Sebanyak enam juz telah Tini hafal selama duduk di kelas 2 dan 3 SMA. Dua kali dia mondok di pesantren, yakni di Pondok Pesantren Ash-Shidiqiah dan Ponpes As-Sulaimaniah.

"Ketika lulus SMA saya ingin lanjut kuliah, tapi orang tua bilang tanggung untuk saya tamatkan dahulu hafalannya. Dan akhirnya saya mondok di Pesantren di Cianjur yang khusus tahfiz (As-Sulaimaniah) selama dua tahun di sana," katanya yang juga berasal dari Desa Ciherang, Cianjur.

Selama empat tahun atau tepatnya pada 2016, Tini akhirnya dapat menghafal Alquran hingga 30 juz. Ketika disinggung terkait kendala yang dihadapi, Tini menyebut tak menyangka menghafal Alquran sangatlah susah dan tak semudah apa yang dia pikirkan.

"Awalnya lancar saya menghafal tapi makin bertambah juz semakin sulit hafalannya. Dan pada juz ke 16 saya sempat mogok menghafal selama sebulan karena merasa pusing dari bangun tidur sampai tidur lagi selalu berkutat pada hafalan dan murajaah (diulang-ulang)," ucap Tini Mahasiswi Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir Fakultas Ushuludin semester 6.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved