Breaking News:

Cianjur Diprediksi Ramai Dilintasi Imbas One Way Tol Trans Jawa, Polisi Siapkan Skenario Contra Flow

Cianjur diprediksi ramai dilintasi kendaraan imbas one way tol Trans Jawa. Polisi dan Dishub siapkan rekayasa lalu lintas.

Tribunjabar/Feri Amiril Mukminin
Ilustrasi arus lalu lintas di kawasan Cipanas, Cianjur. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Sistem satu arah yang akan dilakukan di ruas tol Trans Jawa saat arus mudik dan balik diperkirakan akan berimbas ke beberapa jalur non-tol.

Satu di antaranya yang terdampak adalah jalur lintas selatan di Cianjur.

Sistem satu arah atau one way rencananya akan diberlakukan saat arus mudik mulai dari tol Cikarang Utama hingga Brebes Barat atau sampai dengan kilometer 262.

Ini membuat kendaraan dari arah Jawa Tengah atau Bandung yang hendak menuju wilayah Jabodetabek yang biasa masuk ruas tol diprediksi akan melintas ke Cianjur.

Ini akan memicu kemacetan di sejumlah titik.

Guna menekan beban volume kendaraan di jalur arteri, jajaran Polres Cianjur bersama Dinas Perhubungan berencana melakukan rekayasa lalu lintas berupa buka tutup jalan dan contra flow di wilayah Ciranjang atau tepatnya mulai di pintu rel kereta Cipeuyeum, Haurwangi.

“Rekayasa lalu lintas pasti (dilakukan) karena di wilayah Ciranjang tidak ada jalur alternatif,” kata Kapolres Cianjur AKBP Soliyah kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agar rekayasa lalu lintas tersebut berjalan efektif, perlu sinergi dengan jajaran polres lainnya, dalam hal ini Polres Cimahi.

“Kami harus koordinasi dengan (Polres) Cimahi karena belajar pada pengalaman tahun lalu kami lakukan one way tapi di daerah Cipatat ternyata tidak siap sehingga terjadi penumpukan panjang di sana,” ujarnya.

“Alhamdulilah kami telah berkomunikasi dengan mereka sehingga diharapkan pada pelaksanaannya nanti bisa bersinergi,” ucap Soliyah.

Selain rencana buka tutup di kawasan Ciranjang, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Joni menambahkan, buka tutup juga akan dilakukan di bunderan Lampu Gentur untuk mengatur volume kendaraan di kawasan puncak Cipanas.

“Kalau Puncak macet, jalur ke atas (puncak Cipanas) akan ditutup mulai dari bunderan Lampu Gentur. Nantinya kendaraan yang akan masuk ke sana akan diarahkan lewat Sukabumi atau bisa melalui Jonggol,” ujar Joni kepada Kompas.com, Jumat (24/5/2019).

Pihaknya memprediksi volume kendaraan yang melintas di jalur selatan Cianjur pada musim mudik lebaran tahun ini akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Karena itu segala kemungkinan kami persiapkan agar arus mudik maupun balik dari dan ke Jakarta dan wilayah sekitarnya yang melewati jalur lintas selatan Cianjur bisa berlangsung tertib dan lancar,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Rekayasa Lalin di Jalur Mudik Cianjur".

Editor: taufik ismail
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved