BNN Kota Cimahi Siap Tes Urine Sopir Bus Program Mudik Gratis

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cimahi siap melakukan tes urine terhadap sopir bus, yang bertugas untuk program mudik

BNN Kota Cimahi Siap Tes Urine Sopir Bus Program Mudik Gratis
TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN
Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatana melepas sejumlah pemudik peserta program mudik gratis tahun 2018 bersama Pemkot Cimahi di lapangan apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd Hardjakusumah, Kota Cimahi, Selasa (12/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cimahi siap melakukan tes urine terhadap sopir bus, yang bertugas untuk program mudik gratis lebaran 2019 yang diadakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi.

Untuk melaksanakan tes urine terhadap para sopir bus tersebut, BBNK Cimahi sudah berkoordinasi dengan pihak Dishub Kota Cimahi. Sedangkan untuk kegiatannya akan dilaksanakan pada 28 Mei 2019 mendatang.

Kepala Seksi Pencegahan BNNK Cimahi, Wahyu Harjo Prayoga mengatakan, tes urine ini dilakukan agar para pengemudi bus bebas dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang ataupun narkoba, khususnya saat mengemudikan kendaraannya.

"Intinya tes urine ini untuk meminimalisir agar kami dan pihak Dishub tidak terkecoh oleh sopir yang menggunakan obat terlarang untuk doping saat mengangkut penumpang," ujarnya kepada Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (26/5/2019).

Gegara Cuitan Soal Kerusuhan 22 Mei, Koordinator Relawan BPN Prabowo-Sandiaga Ditangkap Polisi

Menurutnya, tes urine bagi para sopir bus saat mudik lebaran, memang sudah seharusnya dilakukan, karena apabila para sopir menggunakan obat-obatan terlarang saat mengemudikan bus bisa membahayakan penumpang atau mengalami kecelakaan.

"Jadi tes urine ini juga dilakukan untuk memastikan para sopir tidak menggunakan narkoba karena biasanya mereka menempuh perjalanan yang cukup jauh," katanya.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang, mengatakan, untuk melakukan tes urine terhadap para sopir bus ini pihaknya memang melibatkan (BNN) Kota Cimahi.

"Untuk BNN nantinya akan melakukan tes urine untuk memastikan apakah para sopir terpengaruh alkohol, obat terlarang, narkoba atau tidak," ujarnya.

Jadi Favorit Pemudik, 6,4 Juta Orang Akan Naik Kereta Api di Mudik Lebaran 2019

Dalam menyelenggarakan program mudik gratis ini, Dinas Perhubungan Kota Cimahi menyediakan sebanyak 15 unit bus yang bekerjama dengan perusahaan bus pariwisata yang ada di Kota Cimahi.

"Sebanyak 15 unit bus yang disediakan untuk program mudik gratis 2019 ini akan melayani jalur Selatan arah Solo via Yogyakarta dan jalur Utara arah Semarang," kata Ranto

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved