Aktivitas Jual Beli di Dangdeur Rancaekek Bikin Macet, Harusnya Ada Tempat Parkir Khusus

Antrean kendaraan kerap terjadi di ruas Jalan Raya Majalaya-Rancaekek (Dangdeur), Kecamatan Rancaekek

Aktivitas Jual Beli di Dangdeur Rancaekek Bikin Macet, Harusnya Ada Tempat Parkir Khusus
tribunjabar/hakim baihaqi
Kawasan Rancaekek macet hingga 4 kilometer pada Minggu (26/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Antrean kendaraan kerap terjadi di ruas Jalan Raya Majalaya-Rancaekek (Dangdeur), Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, karena adanya aktivitas jual beli menjelang Hari Raya Idulfitri.

Penyebab terjadinya antrean kendaraan ini, diakibatkan adanya penyempitan arus karena adanya deretan jongko pedagang kaki lima (PKL), aktivitas pertokoan, dan parkir liar.

kendaraan mengular sepanjang empat kilometer, mulai dari deretan pertokoan pakaian Dangdeur sampai seberan kawasan industri Jalan Raya Bandung-Garut.

Sebaliknya, dari arah berlawanan pun tidak luput dari kemacetan sepanjang satu kilometer, mulai dari Kawasan Pertokoan Dangdeur hingga pertigaan Jalan Walini dengan Jalan Majalaya-Rancaekek.

Di Jalan Raya Majalaya-Rancakek (Dangdeur), ratusan warga tumpah ruah di kawasan pertokoan Dangdeur, sebagian besar warga memadati beberapa toko pakaian hingga peralatan rumah tangga.

Adanya aktivitas warga di kawasan tersebut, bermunculan pedagang kaki lima (PKL) baru yang menjajakan keperluan untuk lebaran dan titik parkir baru di badan jalan.

Koordinator Relawan IT BPN Mustofa Nahrawardaya Diciduk Polisi, Ini Postingan Terakhir Akun Miliknya

Usep (48), seorang pengendara asal Kampung Pintu Air, Desa Rancaekek Kulon, Kecamatan Rancaekek, mengatakan, seharusnya di kawasan tersebut ada lahan parkir khusus bagi, warga yang beraktivitas di Kawasan Dangdeur, sehingga tidak terjadi kemacetan panjang.

"Itu masalahnya, banyak parkir liar di jalan, jadi jalannya kecil. Kalau tidak ada, mungkin tidak ada hambatan," kata Usep, Kabupaten Bandung, di Jalan Raya Bandung-Garut, Minggu (26/5/2019).

Ia mengatakan, kemacetan tersebut kerap terjadi setiap tahunnya menjelang Hari Raya Idul Fitri dan setiap tahunnya kemacetan semakin parah.

Usep menambahkan, adanya hambatan tersebut, seharusnya pemerintah terkait dapat memecah permasalahan yang kerap menggangu setiap tahunnya itu.

"Kalau itu jadi masalah, harusnya ada solusi. Bukan dibiarkan saja," katanya.

Ini yang Dilakukan BNN Kota Cimahi, jika Ada Sopir Bus Positif Pakai Narkoba

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved