Pendaftar PPDB Harus Daftar Lebih Awal Jika Ingin Diterima, Ini Alasannya

Bagi para orangtua peserta didik baru yang hendak mendaftar diimbau daftar lebih awal

Pendaftar PPDB Harus Daftar Lebih Awal Jika Ingin Diterima, Ini Alasannya
tribunjabar/hilda rubiah
Suasana pendaftaran PPDB di SMPN 18 Bandung, Jumat (24/5/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bagi para orangtua peserta didik baru yang hendak mendaftar diimbau daftar lebih awal .

Pasalnya proses pendaftaran PPDB 2019 ini penyeleksian berlangsung ketat berdasarkan penempatan zonasi di setiap jalur maupun formulasi.

Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) SMPN 18 Bandung, Anto, mengatakan selain persyaratan yang perlu diperhatikan juga adalah penempatan dan pemilihan jalur.

Jika calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur zonasi maka perlu diperhatikan jarak dan zona yang sesuai dan memungkinkan.

"Pendaftar juga sekarang harus memperhatikan jalur yang dipilihnya karena jika tak sesuai kriteria maka akan melalui proses seleksi lainnya, misal jarak atau waktu saat pendaftaran," jelas Ketua PPID PPDB SMPN 18 Bandung, Anto, kepada Tribun Jabar di SMPN 18 Bandung, Jumat (24/5/2019).

Dicontohkan Anto, manakala pendaftar mengikuti PPDB melalui jalur prestasi kemudian didapati memiliki skor yang sama dengan pendaftar lain, maka otomatis sistem akan melakukan penyeleksian berdasarkan jarak terdekat dari sekolah.

Soal Kasus Istri Ketua KPU Cianjur Disekap, Begini Komentar KPU Jabar

Begitupun jika calon peserta didik memiliki skor jarak yang sama, maka penyeleksian otomatis berdasarkan waktur pendaftaran lebih awal.

"Seleksi yang daftar lebih awal ini bisa jadi acuan jika saat daya tampung terbatas dan sistem melakukan penyeleksian zona yang terdekat atau waktu mendaftar siapa yang lebih awal," jelasnya.

Menurut Anto, tidak menutup kemungkinan situasi tersebut bisa saja terjadi.

Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya seleksi penempatan zona tersebut, maka disarankan calon peserta didik mendaftar lebih awal.

Gugatan Prabowo-Sandi Diserahkan ke MK Malam Ini, Tim Hukumnya Disebut Berpengalaman, Siapa Saja?

Anto menambahkan, melalui sistem sedemikian rupa itu diharapkan masyarakat bisa lebih tertib.

"Utamanya masyarakat mesti sudah sadar hukum, mentaati peraturan yang sudah ada. Karena peraturan dibuat pun untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved