Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Cimahi Dinilai Ada Plus Minus-nya

KPU Kota Cimahi menilai Pemilu 2019 di Kota Cimahi dari awal hingga akhir, pelaksanaannya sudah cukup baik, namun ada kelebihan dan kekurangan

Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Cimahi Dinilai Ada Plus Minus-nya
Istimewa
Simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara di Kota Cimahi, Sabtu (23/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Cimahi menilai pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kota Cimahi dari awal hingga akhir, pelaksanaannya sudah cukup baik, namun ada kelebihan dan kekurangannya.

Berdasarkan data dari KPU Kota Cimahi, tingkat partisipasi, pemilih di Kota Cimahi yang menyalurkan hak pilihnya mencapai 85,66 persen. Persentasi itu didapat dari tiga jenis pemilih, yakni Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Untuk kategori DPT yang menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun ini mencapai 324.892 pemilih, dari DPK 12.741 pemilih dan DPTb mencapai 7.237 pemilih dan ditambah pemilih dari disabilitas sebanyak 357 orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, Mochamad Irman, mengatakan, dalam pemilu kali ini antusias masyarakat yang datang ke TPS-nya untuk menyalurkan hak pilihnya memang cukup tinggi.

"Hasilnya kita di atas target nasional. Tingginya partisipasi pemilih itu dikarenakan tingginya keinginan masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi ini. Apalagi, Pemilu tahun ini dilaksanakan secara bersamaan," ujarnya di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Jumat (24/5/2019).

PKS Jadi Partai yang Daftarkan Gugatan Hasil Pemilu 2019 Terbanyak

Menurutnya, masyarakat Kota Cimahi ingin merasakan bagaimana pelaksanaan Pemilu serentak ini, sebab, masyarakat menilai nuansa pemilu, khususnya lebih Pilpres tahun ini memang lebih menarik.

"Tapi Pemilu tahun ini terbilang cukup berat bagi penyelenggara. Terutama terkait teknisnya yang cukup merepotkan di tingkat bawah. Contoh, proses rekapitulasi di tingkat PPK juga membutuhkan waktu karena Pemilu berlangsung serentak," kata Irman.

Dari kelebihan dan kekurangan itu, Irman meminta semua elemen masyarakat untuk menghormati hasil Pemilu, karena pihaknya sudah bekerja keras dalam melaksanakan pemilu ini.

"Pelaksanaannya sudah sesuai aturan yang berlaku dan sudah transparan. Intinya kami bekerja dalam menyelenggarakan pemilu ini sudah sesuai aturan," ucapnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved