Banyak Titik Rawan Bencana di Garut, Alat Berat Pun Disiagakan di Jalur Mudik

Alat berat disiagakan Pemkab Garut di titik rawan bencana sepanjang jalur mudik. Petugas akan bergerak cepat

Banyak Titik Rawan Bencana di Garut, Alat Berat Pun Disiagakan di Jalur Mudik
firman wijaksana/tribun jabar
Ilustrasi, alat berat membersihkan material longsor yang menutup Jalan Bandung-Rancabuaya di Kecamatan Cisewu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Alat berat disiagakan Pemkab Garut di titik rawan bencana sepanjang jalur mudik. Petugas akan bergerak cepat untuk menanggulangi bencana.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, jalur selatan masih jadi pilihan para pemudik. Namun beberapa titik di Garut rawan terhadap bencana.

"Kami antisipasi agar jika terjadi bencana bisa segera diatasi. Apalagi jalur mudik ini sangat krusial," ucap Rudy di kantornya, Jumat (24/5/2019).

Titik rawan bencana di jalur selatan berada di Jalan Limbangan hingga Malangbong yang berbatasan dengan Tasikmalaya serta Jalan Kadungora. Kedua jalan itu merupakan jalur utama mudik.

"Walau sekarang sudah jarang turun hujan, tapi tetal harus diantisipasi. Kami juga terus berkoordinasi dengan kepolisian," katanya.

Jalur Alternatif Cijapati Bakal Digunakan jika Terjadi Kemacetan di Exit Tol Cileunyi

Selain di jalur utama, lanjutnya, alat berat juga disiapkan di wilayah selatan Garut. Seperti di Jalan Talegong-Cisewu, Jalan Pakenjeng-Bungbulang, dan Jalan Cikajang-Pameungpeuk.

"Wilayah selatan itu sangat rawan bencana. Sudah ada pemetaan daerah rawannya dan akan disiapkan petugas," ujarnya.

Petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah siaga selama 24 jam selama arus mudik dan balik.

"Kantor kecamatan juga bisa dipakai untuk istirahat atau rest area. Di jalur selatan saya minta camat sediakan fasilitas seperti tukang pijat," katanya.

Rudy menambahkan, pemerintah akan berupaya maksimal melayani para pemudik. Pemudik pun diimbau untuk berhati-hati terutama bagi yang menggunakan kendaraan roda dua.

PSGC Ciamis Masih Berburu Striker Siap Pakai, Sulit Cari Bomber untuk Liga 2

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved