Antisipasi Macet Saat Mudik Lebaran, Ini yang Disiapkan Anggota Polres Cimahi

Polres Cimahi telah menyiapkan antisipasi kemacetan di sejumlah ruas jalan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat dalam menghadapi mudik lebaran

Antisipasi Macet Saat Mudik Lebaran, Ini yang Disiapkan Anggota Polres Cimahi
TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN
Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto saat melaksanakan kegiatan Operasi Keselamatan Lodaya 2018, Senin (5/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Satuan Lalu lintas Polres Cimahi telah menyiapkan antisipasi kemacetan di sejumlah ruas jalan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat dalam menghadapi mudik lebaran tahun ini.

Hal tersebut karena di sejumlah ruas jalan Kota Cimahi diprediksi bakal mengalami kemacetan, meski Kota Cimahi hanya menjadi daerah perlintasan untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto, mengatakan, ruas jalan di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat yang diprediksi bakal terjadi kemacetan yakni Jalan Amir Machmud dan Jalan Raya Padalarang.

"Untuk itu kita sudah siapkan skema untuk pengurai kemacetan dengan manfaatkan jalur alternatif yang ada di dua wilayah itu," ujarnya di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi, Jumat (24/5/2019).

Kasatlantas Polres Cimahi Sebut Persiapan Jalur Mudik Lebaran 2019 Sudah 90 Persen

Untuk menghindari kemacetan, pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dari arah Kota Cimahi menuju KBB ataupun sebaliknya, bisa menggunakan Jalan Leuwigajah, menuju Cangkorah, lalu belok ke arah Cimareme.

"Selain itu kami juga sudah membuat skema antisipasi jalur satu arah atau one way bagi pemudik yang hendak menuju Jakarta," katanya.

Ia mengatakan, kendaraan dari arah Cimahi atau Kabupaten Bandung Barat yang akan menuju Jakarta akan diarahkan ke arah Cianjur via Cipatat dan untuk kendaraan yang datang dari arah tol Purbaleunyi akan dikeluarkan di jalur arteri.

Hasil Operasi Simpatik Lodaya 2019, Jumlah Pelanggaran Lalu Lintas di Kota Cimahi Disebut Menurun

"Rencananya, sistem ini akan diterapkan pada 30 Mei hingga 2 Juni, sementara untuk arus balik akan dimulai pada 8-9 Juni. Jadi nanti semua kendaraan hanya akan mengarah ke timur, yang menuju barat diarahkan melalui jalur arteri," ucapnya.

Untuk mengatur arus lalu lintas saat mudik pada lebaran kali ini, pihaknya menerjunkan 723 personel yang disebar ke semua titik pengawasan jalur mudik dengan menyiapkan 3 pos penjagaan, pos pelayanan ada 2 titik, dan pos gatur di sejumlah titik di wilayah Cimahi dan KBB.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved