37 Warga Cileunyi Gugat Nilai Ganti Rugi Tol Cisumdawu, Ada yang Rp 25 Juta hingga Rp 25 Miliar

Puluhan warga di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung yang terkena dampak pembangunan Tol Cisumdawu

seli andina miranti/tribun jabar
Suasana lokasi proyek terowongan Tol Cisumdawu tampak lengang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG -‎ Puluhan warga di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung yang terkena dampak pembangunan Tol Cisumdawu, mengajukan permohonan keberatan nilai pembebasan tanah. Permohonan keberatan diajukan ke Pengadilan Negeri Bale Bandung.

Sidang pertama penyampaian gugatan itu digelar di PN Bale Bandung pada Selasa (21/5/2019). Dari berkas yang diterima Tribun, pemohon keberatan berjumlah 37 orang. Di berkas gugatan, mereka mencantumkan nilai rupiah yang harus dibayarkan kepada mereka.

Pantauan Tribun, nilai rupiah yang diajukan dimulai dari terkecil Rp 25 juta dan terbesar Rp 25 miliar lebih. Adapun gugatan ditujukan pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung cq Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Tol Cisumdawu dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Iya betul, ada warga, para penggugat sebanyak 37 orang, keberatan berkaitan dengan nilai usulan ganti rugi lahan. Kedua, warga merasa tidak pernah diajak proses musyawarah ganti rugi," ujar kuasa hukum 37 penggugat, Kuswara S Taryono via ponselnya, Kamis (23/5/2019).

Selama proses ganti rugi lahan, kata dia, ke-37 warga itu tidak dilibatkan dan hanya diberi tahu hasil penilaiannya saja dari tim apraisal atau KJPP. Padahal, warga berharap terlibat rembugan.

Detik-detik Sebelum Ustaz Arifin Ilham Meninggal, Tak Sadarkan Diri, Anak-anak Baca Surat Yasin

"Tapi pada dasarnya warga mendukung untuk program pemerintah. Namun harus sesuai dengan kondisi sebenarnya dan sejauh ini‎ warga memang belum mendapat ganti rugi," ujar Kuswara.

Kuswara mengatakan, para pemohon‎ memang belum mendapat ganti rugi. Tribun menanyakan soal nilai uang mencapai puluhan miliar seperti tertuang dalam berkas permohonan gugatan. ‎

"Iya, itu nilai yang diajukan para pemohon karena sudah sesuai," ujarnya. Adapun lahan yang diganti rugi berupa lahan kosong dan bangunan.

THR buat PNS dan Non-PNS Pemprov Jabar Dibayarkan Jumat 24 Mei 2019, Total Rp 250 Miliar

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved