Sekda Jabar Targetkan Angka Inflasi saat Lebaran di Jabar Ada di Angka 3 Persen Saja

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan dengan asumsi angka inflasi 3 persen, maka pertumbuhan ekonomi Jawa Barat akan terjaga di angka 5,5 persen

Sekda Jabar Targetkan Angka Inflasi saat Lebaran di Jabar Ada di Angka 3 Persen Saja
Tribun Jabar/Siti Fatimah
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar Bazar Murah di Alun-alun Ujungberung, Kota Bandung, Selasa (21/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan tingkat inflasi pada masa Lebaran atau Idulfitri 1440 H stabil pada posisi 3 persen. Dengan begitu, tingkat pertumbuhan ekonomi akan tetap di angka 5,5 persen.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan dengan asumsi angka inflasi 3 persen, maka pertumbuhan ekonomi Jawa Barat akan terjaga di angka 5,5 persen yang sekaligus menjadi salah satu indikator penurunan kemiskinan dan kesenjangan antara kelompok masyarakat kaya dan miskin.

“Inflasi diharapkan dijaga dalam posisi tiga persen, plus minus satu. Dengan demikian maka berdasarkan perkembangan inflasi, kita bisa kondisikan, juga pertumbuhan ekonomi bisa kita jaga di kondisi antara 5,5 persenan, sehingga dengan demikian ini bisa dipastikan bisa menurunkan kemiskinan,” ujar Iwa di Kota Bandung, Selasa (21/5/19).

Sekda Pemprov Jawa Barat, Iwa Karniwa, ditemui di Gedung Sate, Jumat (1/2/2019).
Sekda Pemprov Jawa Barat, Iwa Karniwa, ditemui di Gedung Sate, Jumat (1/2/2019). (Tribunjabar/Theofilus Richard)


Iwa juga mengimbau seluruh masyarakat agar tidak berbelanja barang konsumsi secara berlebihan. Menurutnya, pasokan kebutuhan pokok masyarakat di Jawa Barat sudah sangat mencukupi, sehingga warga tidak perlu lagi panik atau menimbun bahan pokok lebih banyak dari kebutuhan sewajarnya.

“Kepada masyarakat belanja secukupnya. Jangan panik karena barang pasti semua sudah lengkap, semua distribusi barang sudah ada. Sehingga dengan demikian maka harga tetap stabil dalam kondisi wajar,” kata Iwa.

Penuhi Kebutuhan Pokok Masyarakat dan Kendalikan Inflasi, TPID Gelar Bazar di Alun-alun Ujungberung


Pemerintah pun melakukan sejumlah operasi pasar atau bazaar murah untuk mengendalikan harga kebutuhan masyarakat. Contohnya Bazar Murah dilakukan di Alun-alun Ujungberung sebagai kerja sama antara Pemprov Jabar, Pemkot Bandung, serta Bank Indonesia.

Selain di Kota Bandung, Bank Indonesia bekerja sama dengan pemerintah daerah juga menggelar bazar murah di enam daerah lain yang menurut Badan Pusat Statistik terkategori yang rawan inflasi. Keenam daerah itu yakni Cirebon, Tasikmalaya, Sukabumi, Bogor, Depok, dan Bekasi. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved