Penuhi Kebutuhan Pokok Masyarakat dan Kendalikan Inflasi, TPID Gelar Bazar di Alun-alun Ujungberung

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar Bazar Murah di Alun-alun Ujungberung, Kota Bandung, Selasa (21/5/2019).

Penuhi Kebutuhan Pokok Masyarakat dan Kendalikan Inflasi, TPID Gelar Bazar di Alun-alun Ujungberung
Tribun Jabar/Siti Fatimah
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar Bazar Murah di Alun-alun Ujungberung, Kota Bandung, Selasa (21/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -- Untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat serta mengendalikan inflasi, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar Bazar Murah di Alun-alun Ujungberung, Kota Bandung, Selasa (21/5/2019).

Bazar murah ini akan diselenggarakan selama 3 (tiga) hari berturut-turut, yaitu dari tanggal 21 – 23 Mei 2019, mulai pukul 08.30 sampai dengan16.30 WIB.

Direktur KPwBI Jabar, Pribadi Santoso mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian program inisiatif Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat bersinergi dengan Perbankan di Jawa Barat (Bank Mandiri, BNI, BJB, BCA, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Panin Syariah), instansi/perusahaan (Perum Bulog Divre Jawa Barat, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Indomarco Prismatama, PT Sumber Alfaria Trijaya dan UMKM Kecamatan Ujungberung) serta didukung oleh BMPD Jawa Barat.

"Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan bentuk konkret kepedulian di bulan Ramadan, terutama untuk menekan gejolak peningkatan harga (inflasi) yang biasanya terjadi setiap tahun," katanya.

Ratusan Warga Jabar Peringati 111 Tahun Harkitnas, Aksi Jahit Kain Merah Putih Sepanjang 50 Meter

Adapun program yang diselenggarakan tidak hanya di Kota Bandung tapi juga diselenggarakan di Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Kota Depok, Kota Bandung, Kota Bogor dan Kota Bekasi.

Dalam kegiatan Bazar Murah tersebut, selain kebutuhan pokok dan sandang, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat menyediakan layanan penukaran uang tanpa dipungut biaya.

Ia mengatakan, inflasi Jawa Barat pada bulan April 2019 tercatat sebesar 2,88% (yoy) atau meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 2,42% (yoy). Apabila melihat pola histori inflasi Jawa Barat, tekanan inflasi Jawa Barat yang terjadi pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri (rerata 2016-2018) tercatat sebesar 0.55% (mtm). Sementara untuk inflasi bahan makanan pada saat Ramadhan & Idul Fitri (2016-2018) tercatat rerata sebesar 1.13% (mtm).

Berdasarkan komoditasnya, tekanan inflasi di bulan April 2019 utamanya bersumber dari komoditas bawang merah, bawang putih dan tomat sayur. Sedangkan komoditas penyumbang inflasi berdasarkn pola histori inflasi, daging ayam ras, bawang merah dan telur ayam ras yang memberikan andil tertinggi disisi bahan makanan.

BREAKING NEWS: Paslon 02 Prabowo dan Sandiaga Uno Tetap Tolak Hasil Pilpres 2019 yang Curang

Peningkatan tekanan inflasi tersebut berpengaruh terhadap daya beli masyakarat, terutama pada momen bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri.

Halaman
12
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved