Operasi Pasar Murah, Pemkab Cianjur Targetkan 12 Ribu Paket Terdistribusi ke Warga Kurang Mampu

Sebanyak 7.173 paket sembako disebar dalam Pperasi Pasar Murah (OPM) di Kecamatan Haurwangi, Selasa (21/5/2019).

Operasi Pasar Murah, Pemkab Cianjur Targetkan 12 Ribu Paket Terdistribusi ke Warga Kurang Mampu
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Kadiskoperindagin Cianjur, Himam Haris membagikan paket sembako pada operasi pasar murah di Kecamatan Haurwangi, Selasa (21/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Sebanyak 7.173 paket sembako disebar dalam Pperasi Pasar Murah (OPM) di Kecamatan Haurwangi, Selasa (21/5/2019).

OPM ini diharapkan dapat menekan harga sembako di sejumlah pasar tradisional.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur, Himam Haris, mengatakan, wilayah yang mendapatkan OPM ini sebelumnya sudah mengajukan proposal dilampiri KTP dan KK pada awal tahun.

"Khusus untuk hari ini ada 7.173 paket sembako yang dijual ke warga yang kurang mampu," katanya.

Rencananya, lanjut Himam, OPM juga akan dilaksanakan di Kecamatan Karangtengah pada Kamis (23/5/2019) dan Selasa (28/5/2019) di Kecamatan Cugenang serta di Kecamatan Sukaresmi. Sedangkan isi paket sembako pada operasi pasar itu terdiri dari 5 kilogram beras, 3 liter minyak goreng, 3 kilogram gula pasir, dan 1 kilogram daging sapi, dijual seharga Rp 93 ribu per paket.

"Kami berharap diadakannya OPM ini dapat membantu dan meringankan beban warga yang kurang mampu yang ingin belanja sembako," katanya.

OPM di Cimahi Diserbu Warga, Pemerintah Siapkan 6.000 Paket di 3 Kecamatan

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda, mengatakan, pemkab menargetkan 12 ribu paket sembako murah pada OPM di bulan puasa tahun ini. Pihaknya berharap dengan adanya OPM ini dapat menekan harga di sejumlah pasar tradisional.

"Mudah-mudahan dengan cara seperti itu tidak ada kenaikan harga sembako menjelang Lebaran. Meski pun ada kenaikan harga masih bisa dijangkau konsumen," ujarnya.

Perum Jamkrindo Menggelar Safari Ramadan di Bandung dan di 9 Kota Lainnya Selama Bulan Puasa

Dia menjelaskan, target OPM ini juga diperuntukan untuk rumah tangga miskin (RTS). Pihak desa yang mengusulkan diharapkan lebih selektif agar OPM ini tepat sasaran.

"OPM ini nanti akan digelar di beberapa titik. Di samping itu, pemerintah juga tetap akan memantau harga-harga sembako di sejumlah pasar. Jika ditemukan kenaikan harga yang tidak wajar, pemerintah akan bertindak," katanya.(fam)

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved