Sopir Bus untuk Program Mudik Gratis di Kota Cimahi akan Dites Urine dan Kesehatan

Dinas Perhubungan Kota Cimahi bakal memeriksa kesehatan sopir dan kernet bus yang akan mengemudikan bus

Sopir Bus untuk Program Mudik Gratis di Kota Cimahi akan Dites Urine dan Kesehatan
TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN
Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatana melepas sejumlah pemudik peserta program mudik gratis tahun 2018 bersama Pemkot Cimahi di lapangan apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd Hardjakusumah, Kota Cimahi, Selasa (12/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Perhubungan Kota Cimahi bakal memeriksa kesehatan sopir dan kernet bus yang akan mengemudikan bus pada program mudik gratis tahun 2019.

Hal itu dilakukan agar sang sopir benar-benar fit ketika mengemudikan kendaraannya, terutama pemerikasaan itu untuk memastikan agar sopir tidak terpengaruh minuman beralkohol atau minuman keras (miras).

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang, mengatakan, untuk melakukan pemeriksaan terhadap para sopir tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cimahi.

"Untuk BNN nantinya akan melakukan tes urine untuk memastikan apakah mereka terpengaruh alkohol atau tidak. Sedangkan untuk kesehatan kami akan melibatkan Dinas Kesehatan Kota Cimahi," ujarnya saat ditemui disela pemeriksaan bus di Baros, Senin (20/5/2019).

Nantinya kata Ranto, tim dokter dari Dinas Kesehatan Kota Cimahi akan fokus terhadap pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) pada setiap sopir yang akan mengemudikan bus pada program mudik gratis tersebut.

"Pemeriksaan pada sopir itu dilakukan demi keselamatan saat diperjalanan. Sehingga dalam pemeriksaannya perlu dipastikan mereka tidak terpengaruh alkohol," katanya.

BREAKING NEWS, Ini Jadwal Baru Persib Bandung vs Tira Persikabo

Dalam menyelenggarakan program mudik gratis ini, Dinas Perhubungan Kota Cimahi menyediakan sebanyak 15 unit bus yang bekerjama dengan perusahaan bus pariwisata yang ada di Kota Cimahi.

"Sebanyak 15 unit bus yang disediakan untuk program mudik gratis 2019 ini akan melayani jalur Selatan arah Solo via Yogyakarta dan jalur Utara arah Semarang," kata Ranto.

Pemkot Bandung Siapkan Penampungan Sementara untuk Pedagang Pasar Kosambi, Kamis Dibangun

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved