Penahanan Petinggi Huawei di Kanada dengan Warga Kanada di China Disebut-sebut Kontras

Chief Financial Huawei Meng Wanzhou mengeluhkan soal perlakuan yang diterimanya sebagai tahanan rumah di Vancouver, Kanada.

Penahanan Petinggi Huawei di Kanada dengan Warga Kanada di China Disebut-sebut Kontras
The Wall Street Journal
Chief Financial Huawei Meng Wanzhou 

TRIBUNJABAR.ID, TORONTO - Chief Financial Huawei Meng Wanzhou mengeluhkan soal perlakuan yang diterimanya sebagai tahanan rumah di Vancouver, Kanada.

Petinggi Huawei itu mengklaim ruangannya sangat terbatas, bahkan ketika dalam enam bulan terakhir tinggal di rumah mewahnya.

Dikutip dari Kompas.com, bahwa Reuters melaporkan, Senin (20/5/2019), menyebutkan rumah yang ditinggali Meng memiliki enam kamar dan bernilai jutaan dollar Kanada.

Perempuan berusia 47 tahun itu memiliki akses untuk menggunakan jasa pengacara terkemuka dan dapat bergerak relatif bebas di Vancouver meski terbatas.

Komentarnya sebagai tahanan rumah tersebut kontras dengan dua warga Kanada yang ditahan di sel isolasi di China.

Meng tinggal di rumahnya yang bernilai 5,6 juta dollar Kanada atau sekitar Rp 60 miliar, setelah membayar uang jaminan sebesar 10 juta dollar Kanada atau Rp 107 miliar pada Desember 2018.

"Meski secara fisik terbatas pada ruang yang juga terbatas selama di Vancouver, batin saya tidak pernah terasa begitu berwarna," tulisnya dalam surat di forum internal karyawan Huawei, Xinsheng Community.

Gegara Diduga Terkait Kudeta, Turki Perintahkan Penangkapan terhadap 249 Staf Kemenlu

Dia memuji karyawan atas keprihatinan mereka terhadap kasusnya.

"Ada karyawan yang begadang semalaman hanya untuk mengikuti kasus saya di zona waktu yang berbeda," imbuhnya.

Awal bulan ini, seorang hakim Mahkamah Agung British Columbia mengabulkan permintaan Meng untuk pindah ke rumah yang lebih besar senilai 13,3 juta atau Rp 143 miliar.

Halaman
12
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved