Kisah Penghafal Alquran

Munira Safitri, Penghafal Quran 30 Juz, Sempat Putus Asa dan Berhenti di Tengah Jalan

"Jadi awalnya penasaran gimana rasanya menghafal semua juz. Sempat putus asa, tapi karena terus dicoba, malah jadi ketagihan," ujar Munira

Munira Safitri, Penghafal Quran 30 Juz, Sempat Putus Asa dan Berhenti di Tengah Jalan
Tribunjabar.id/Hilda Rubiah
Penghafal Alquran Munira Safitri. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Munira Safitri (19), mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Guru UIN Bandung, merupakan hafizah Quran 30 juz. Munira mengaku termotivasi menghafal Quran kerena penasaran ingin hafal semua juz dalam Alquran.

"Jadi awalnya penasaran gimana rasanya menghafal semua juz. Sempat putus asa, tapi karena terus dicoba, malah jadi ketagihan," ujar Munira (19) saat ditemui Tribun di kampus UIN Bandung, Sabtu (18/5).

Munira Safitri mengakui, dalam proses menghafal ada banyak godaan dan keluhan yang tidak bisa ia hindari. Kendati begitu, berkat dukungan guru serta doa orang tuanya, akhirnya dia bisa menyelesaikan hafalan.

Ia mengawali menghafal Quran saat berusia 9 tahun, ketika masih duduk di bangku SD dan belajar mengaji di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA). Saat itu Munira kecil baru bisa menghafal surat-surat pendek di juz 30.

Lokasi Pasar Murah Ramadhan Hari Ini, Warga Bisa Beli Beras & Minyak Goreng di Bawah Harga Pasar

Guru TPA-nya memperhatikan perkembangan hafalan Munira dan menilai Munira memiliki daya tangkap dan cepat untuk menghafal dibandingkan anak-anak lainnya.

Sang guru kemudian menyarankan agar Munira meneruskan hafalannya hingga hafal juz 30.

Saat itu, ia hanya menuruti saran gurunya itu, lalu mulai mencobanya. "Awalnya sebenarnya gak mau, tapi mau mencoba," ujarnya.

Munira Safitri mengaku saat itu ia tidak mau menghafal.

Namun, entah mengapa di dalam hatinya ia menantang diri hingga mau mencobanya kendati sering mengeluh dan sempat putus asa. Dia terus dibimbing oleh guru dan orang tuanya hingga mau terus mencobanya.

Halaman
1234
Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved