Ada Baliho Klaim Kemenangan Prabowo di Kota Cimahi, Begini Kata Bawaslu

Bawaslu Kota Cimahi turut hadir dalam penurunan baliho klaim kemenangan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno yang terpasang di sejumlah titik di Kota Cimahi

Ada Baliho Klaim Kemenangan Prabowo di Kota Cimahi, Begini Kata Bawaslu
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Satpol PP Kota Cimahi saat menurunkan baliho klaim kemenangan Prabowo, Senin (20/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cimahi turut hadir dalam penurunan baliho klaim kemenangan pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Sandiaga Uno yang terpasang di sejumlah titik di Kota Cimahi.

Baliho tersebut diturunkan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi karena melanggar Perda Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3) dan belum waktunya untuk dipasang sebelum ada pengumuman resmi dari KPU RI.

Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Bawaslu Kota Cimahi, Dyar Ginanjar meminta agar semua peserta pemilu tetap menahan diri untuk mengekspresikan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Kami mengimbau semua peserta pemilu, khususnya para pendukung pasangan Capres-Cawapres untuk menghormati proses real count KPU RI," ujarnya di Sekretariat Bawaslu Kota Cimahi, Jalan Sangkuriang, Senin (20/5/2019).

Baliho Klaim Kemenangan Prabowo-Sandi di Kota Cimahi Diturunkan Satpol PP

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar para pendukung setiap peserta pemilu agar menahan diri hingga 22 Mei untuk menunggu hasil resmi rekap nasional dari KPU, sehingga tidak perlu untuk memasang baliho klaim kemenangan.

Menurut dia, tulisan dalam bentuk baliho tersebut dikhawatirkan akan mengganggu kondusivitas Pemilu di Kota Cimahi, apalagi terdapat tulisan yang mengarah mendelegitimasi.

"Kalau sudah seperti itu kami khawatirnya nanti akan ada potensi gesekan, bisa memantik konflik di masyarakat, sehingga kami imbau agar pendukung bisa menahan diri hingga ada pengumuman resmi," ujarnya.

Ia mengatakan, ucapan ekpresi kemenangan untuk saat ini masih dilarang karena belum ada pengumuman resmu. Hal itu sesuai surat edaran dari Bawaslu RI Nomor S-0904/K.Bawaslu/PM.00.00/4/2019 perihal Ketentuan Penetapan dan Deklarasi Hasil Pemilu.

Moeldoko Sebut Intelijen Gagalkan Penyelundupan Senjata untuk Aksi 22 Mei

Apabila hasilnya sudah diumumkan melalui pleno KPU RI, kata dia, maka pendukung diperbolehkan berekspresi seperti memasang baliho ucapan dan deklarasi kemenangan.

"Asalkan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi. Misalnya pemasangan alat peraga itu tidak melintang tidak di trotoar, tiang listrik. Silahkan koordinasi dengan Satpol PP," kata Dyar.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved