VIDEO Pascabanjir Bulan Lalu, Lahan Sawah di Bojongsoang Masih Terendam

Di Desa Tegalluar, banjir yang berasal dari luapan Sungai Citarik dan Citarum ini, terlihat masih menggenangi persawahan milik warga

Banjir yang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Bandung pada dari Januari hingga April 2019, masih tersisa di Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Di Desa Tegalluar, banjir yang berasal dari luapan Sungai Citarik dan Citarum ini, terlihat masih menggenangi persawahan milik warga, sehingga menyerupai danau-danau berukuran kecil.

Pantauan Tribun Jabar, Minggu (19/5/2019), persawahan yang masih tergenang air tersebut berada di kawasan industri Tegalluar, memiliki kedalaman bervariasi, mulai dari 30 sentimeter dan hingga 70 sentimeter.

Acep (50), warga Desa Tegalluar, mengatakan, ia hanya bisa pasrah melihat lahan garapannya tersebut masih terendam banjir, sehingga hingga saat ini mengalami kerugian karena tak kunjung melakukan penanaman padi.

Ia menambahkan, lahan seluas satu hektarenya tersebut terakhir panen pada Desember 2018 dan rencana akan ditanami pada Januari 2019, namun terpaksa tidak dilakukan karenan genangan air tak kunjung surut.

"Harusnya sudah masa tanam dan bulan-bulan ini itu biasanya masa panen. Pasrah saja," kata Acep di Jalan Sapan, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Minggu (19/5/2019).

Acep mengatakan, sawah miliknya tersebut diprediksi akan bisa ditanami kembali padi antara Juli hingga Agustus atau genangan air berangsur surut, itu dilakukan ia seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ia menambahkan, berbeda dengan lahan sawah yang tidak dilanda banjir, lahannya tersebut hanya mampu panen sebanyak dua kali dalam satu tahun dan beberapa kali melakukan panen sebelum waktunya.

"Yang normal itu sampai 100 hari, tapi kalau di tempat saya cuma 80 hari karena keburu banjir datang," katanya.

Informasi dari Pusdalops PB BPBD Kabupaten Bandung, tiga kecamatan wilayah di Kabupaten Bandung yang kerapa terendam banjir, berlangsung lebih dari satu bulan berangsur surut dan membuat ratusan terpaksa mengungsi.

Dua kecamatan di wilayah Kabupaten Bandung bagian selatan selain Bojongsoang, yang kerap terendam banjir, yakni Kecamatan Baleendah, dan Dayeuhkolot.

Video dan artikel lainnya klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=6xafWGpZ1GE&feature=youtu.be
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved