Ngabubrit Sambil Mengenal Kembali Alat Musik Tradisional Karinding di Acara Ngabuburinding

Menurunnya minat seni pertunjukan musik karinding membuat Kolektif Pangauban Karinding bekerja sama dengan Disbudpar Kota Bandung gelar Ngabuburinding

Ngabubrit Sambil Mengenal Kembali Alat Musik Tradisional Karinding di Acara Ngabuburinding
Tribun Jabar/Putri Puspita Nilawati
Kimung di acara Ngabuburinding yang diadakan di Distro Localhero, Jl. Siliwangi 8 Simpang Dago, Minggu (19/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menurunnya minat seni pertunjukan musik karinding membuat Kolektif Pangauban Karinding bekerja sama dengan Disbudpar Kota Bandung menggelar Ngabuburinding.

Ngabuburinding adalah kegiatan ngabuburit sambil memperkenalkan kembali alat musik tradisional karinding yang diadakan di Distro Localhero, Jl. Siliwangi 8 Simpang Dago, Minggu (19/5/2019).

Kegiatan Ngabuburinding ini menghadirkan penampilan dari Punk Nyunda Makalangan, Buhun Squad, Pangraut, Suryaloka, dan Kagubrag.

Selain itu ada juga sharing session "Tata Sora Karinding" mengenai sound engineering perform dan rekaman karinding bersama Eri RM, Candra Sofyana, dan Kimung.

Komunitas Aleut & Disbudpar Gelar Ngabuburit Ngabandros, Naik Bandros Gratis & Mengenal Cagar Budaya

Ditemui seusai mengisi diskusi acara, pegiat sekaligus pencinta alat musik karinding, Iman Rahman Angga Kusumah yang akrab disapa Kimung, mengatakan setelah keluar dari Karinding Attack, Ia mulai fokus kepada komunitas karinding.

"Tahun 2018 seni pertunjukan karinding justru menurun tetapi meningkat di gerakan lingkungan hidup. Hal ini justru jomplang, banyak band yang bubar, ruang karinding tidak ada, proses produksi rekaman tidak ada," ujar Kimung.

Industri musik yang tidak jalan dan tidak berimbang ini membuat Kimung bergerak untuk kembali menghidupkan kembali Karinding bersama penggiat musisi karinding.

"Ketika saya kembali ke komunitas ternyata anak-anak masih gerilya untuk karinding. Jadi saya mencoba mencari orang yang masih bisa diajak untuk berkolaborasi untuk membuat sebuah karya," ucapnya.

VIDEO Ngabuburit Asik Main Wahana Hiburan Keluarga

Kini, Kimung membentuk album kompilasi karinding dari berbagai band yang ada di Bandung Raya, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung.

Terdapat 12 band yang mengisi album ini, prosesnya dikurasi oleh Kimung bagi band yang sudah punya lagu sendiri.

Kegiatan Ngabuburinding ini merupakan pemanasan dari acara puncak Karinding Days Out yang akan diselenggarakan pada 14 Juli 2019 mendatang.

Di acara Karinding Days Out ini Kimung mengatakan akan menjadi hari sejarah dimana siapapun yang terlibat akan merilis karyanya masing-masing termasuk album kompilasi karinding dan buku terbarunya dengan judul Sejarah Karinding Priangan.

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved