Jelang 22 Mei, Kedubes AS Keluarkan Peringatan Keamanan, Ini Tanggapan BPPD Jabar

Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Barat, Maktal Hidayat, mengatakan peringatan keamanan dari US Embassy atau Kedubes AS

Jelang 22 Mei, Kedubes AS Keluarkan Peringatan Keamanan, Ini Tanggapan BPPD Jabar
DOKUMENTASI WARTA KOTA
Ilustrasi Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia mengeluarkan peringatan keamanan (security alert) bagi warga negaranya menjelang pengumuman hasil Pemilu 2019 pada 22 Mei mendatang.

Peringatan keamanan dari Kedubes AS tersebut secara tidak langsung dinilai bisa mempengaruhi kunjungan wisatawan mancanegara.

Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Barat, Maktal Hidayat, mengatakan, peringatan keamanan dari US Embassy atau Kedubes AS memang ditujukan bagi warga negaranya yang berada di Indonesia.

Meski begitu, peringatan tersebut dikhawatirkan bisa berimbas kepada kunjungan wisatawan mancanegara.

"US Embassy, Jakarta sudah mengeluarkan travel warning walau mungkin level terendah tetapi efeknya kepada wisatawan mancanegara akan berpengaruh. Kita berdoa semoga embassy atau kedutaan besar dari negara-negara lain tidak mengikuti (mengeluarkan peringatan keamananan)," kata Maktal di Bandung, Sabtu (18/5/2019).

Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan: Jika Prabowo-Sandi Tak Gugat ke MK, Mereka Mengakui Keputusan KPU

Kunjungan Wisata Turun Drastis, Menpar Arief Yahya Ingin Harga Tiket Pesawat Turun Hingga 30 Persen

Ia mengatakan, kekhawatiran tersebut beralasan karena travel warning yang dikeluarkan kedutaan besar suatu negara kerap berimbas kepada tingkat kunjungan wisatawan mancanegara.

Dicontohkan tahun 1998, saat dikeluarkannya travel warning, kota Bandung ikut berimbas. Kunjungan wisatawan asal Singapuran turun sangat signifikan.

"Jadi meskipun hanya satu kedutaan yang mengeluarkan peringatan, bisa berimbas kepada minta wisatawan. Dampaknya bukan hanya soal kunjungan tapi sektor pariwisata kan luas, seperti hotel, industri kreatif yang semua bisa mempengaruhi ekonomi," katanya.

Dikutip dari peringatan keamanan yang dikeluarkan Kedutaan Besar AS, disebutkan;

Halaman
12
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved