11 Debt Collector Leasing di Jalan Asia Afrika di Bandung Ditangkap Polisi karena Kasus Pemerasan

Sebelas orang di Kota Bandung diamankan tim Resmob Ditreskrimum Polda Jabar karena terlibat perampasan dan pemerasan

11 Debt Collector Leasing di Jalan Asia Afrika di Bandung Ditangkap Polisi karena Kasus Pemerasan
surya/istimewa
Ilustrasi polisi membeberkan kasus perampasan motor oleh debt collector. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Sebelas orang di Kota Bandung diamankan tim Resmob Ditreskrimum Polda Jabar karena terlibat perampasan dan pemerasan terhadap pria bernama Yaya Sunjaya (36) warga Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung.

"Diamankan pada 14 Mei 2019 malam di Jalan Terusan Pasir Koja, melibatkan debt collector," ujar Direktur Ditreskrimum Polda Jabar, Kombes Iksantyo Bagus di Bandung, Kamis (16/5/2019).

‎Kasus ini bermula saat korban meninggalkan rumah makan di Pasir Koja dan memasuki mobil miliknya, Yaya dihampiri tiga orang bernama bernama Dede Sugara, Zamzam dan Henry.

Dede Sugara menanyakan tunggakan pembayaran kendaraan milik korban.

"Korban dibawa Zamzam dan Henry menggunakan mobil milik korban ke PO Bus Surya Putra dan dimintai uang Rp 9 juta untuk uang penarikan oleh pria bernama Raga dan Daniel. Namun korban hanya sanggup membayar Rp 5 juta," ujar Iksantyo Bagus.

Polisi Tangkap 3Terduga Pelaku Penyiraman Air Panas Terhadap ART, Bermula dari Cari Gunting

Di Video Ancam Penggal Jokowi Ina Yuniarti Ceria, Saat Ditangkap Tertunduk Lesu, Ini Penampakannya

Dua orang yang meminta uang ini sempat membuka rangka mesin untuk mencocokkan dengan data yang ada pada mereka. Raga dan Daniel saat ini berstatus buron. Mobil pun dibawa ke kantor perusahaan pembiayaan di Jalan Asia Afrika.

"Setibanya di sana‎ korban tidak masuk ke dalam kantor. Satu jam kemudian tim Resmob Polda Jabar mendatangi lokasi setelah mendapat pengaduan," ujar Bagus.

Sebelas orang yang yang ditangkap polisi itu bertugas sebagai debt collector.

Mereka adalah Iwan Nuriawan, Jamjam Sembada (Baleendah Kabupaten Bandung), Alex Nuriyat (Pasawahan Kota Bandung), Dede Sugara Permana, Erwin Manurung, Hendri Hendriawan, Aldi Mulyadi, Cecep Arif Hidayat, Ato Kodir, dan Khoeruni yang semuanya asal Kabupaten Bandung.

Gara-gara Komentar Kejanggalan Petugas KPPS Meninggal, Dokter Ani Hasibuan Besok Diperiksa Polisi

"Jadi motif mereka mencari kendaraan yang bisa diolah menjadi uang baik unitnya dijual ataupun pemilik kendaraan diminta uang dengan cara dipaksa," ujarnya.

Polisi memasang garis polisi di parkiran kantor leasing di Jalan Asia Afrika karena jadi tempat penyimpanan barang bukti unit tarikan oleh debt collector. Tidak hanya itu, polisi sempat menguji urin para pelaku.

"Karena saat penggeledahan di tas tersangka ditemukan bong sabu dan plastik sabu," ujar dia

Korban Yaya saat dikonfirmasi via telpon menjelaskan, saat ia berurusan dengan debt collector dan meminta mobilnya disita, Yaya melaporkan kejadian itu ke polisi.

"Iya, saya yang laporan. Saya masih pertahankan mobil saya karena saya tidak nunggak sampai berbulan-bulan," kata dia.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved