Perusahaan di Cimahi Wajib Bayar THR Karyawan, Kecuali Tidak Mampu

Wakil Walikota Cimahi, Ngatiyana, menegaskan bahwa semua perusahaan di Kota Cimahi wajib membayar Tunjangan Hari Raya (THR) semua karyawannya 7 hari s

Perusahaan di Cimahi Wajib Bayar THR Karyawan, Kecuali Tidak Mampu
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana di Gedung Technopark, Jalan Baros, Kota Cimahi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Wakil Walikota Cimahi, Ngatiyana, menegaskan bahwa semua perusahaan di Kota Cimahi wajib membayar Tunjangan Hari Raya (THR) semua karyawannya 7 hari sebelum Idulfitri.

Ia mengatakan, secara umum, peraturan pemerintah terkait pembayaran THR ini memang belum turun tetapi ada Peraturan Menteri Tenaga Kerja, bahwa minimal satu minggu sebelum hari raya, THR harus sudah dibagikan kepada karyawan.

"Kecuali kalau perusahaannya menyatakan tidak mampu untuk memenuhi kewajibannya karena mengalami masalah secara keuangan," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Selasa (14/5/2019).

ASN Segera Terima Gaji ke-13 dan 14, Sekda Kota Cirebon Ajak Berhemat

Ia mengatakan, jika ada perusahaan di Kota Cimahi yang menyatakan tidak mampu untuk membayar THR, maka perusahaannya akan diawasi oleh Pemkot Cimahi.

Atas hal tersebut, kata Ngatiyana, jika surat edaran dari pemerintah pusat sudah turun, pihaknya akan menindaklanjuti dengan membuat surat edaran untuk dibagikan ke setiap perusahaan yang ada di Kota Cimahi.

"Itu supaya perusahan segera membayar THR sesuai aturan. Mudah-mudahan tidak ada yang terlambat atau bermasalah," katanya.

Sanksi pun telah disiapkan pemerintah jika perusahaan melanggar pembayaran THR, mulai dari denda 5 persen, teguran tertulis, hingga pembatasan kegiatan usaha.

Sementara, jumlah perusahaan di Kota Cimahi hingga saat ini jumlahnya mencapai 593 dengan rincian 131 perusahaan besar, 91 perusahaan sedang, dan 371 perusahaan kecil dengan total karyawan sebanyak 82.296 orang.

Islamic Center Majalengka Jadi Alternatif Embarkasi Haji Bandara Kertajati

Harus Bayar THR, 7 Hari Sebelum Idulfitri ! Disnakertrans Ingatkan Perusahaan di Kota Cimahi

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved