Harus Bayar THR, 7 Hari Sebelum Idulfitri ! Disnakertrans Ingatkan Perusahaan di Kota Cimahi

Disnakertrans Kota Cimahi ingatkan perusahaan di wilayahnya wajib bayar Tunjangan Hari Raya/ THR kepada semua karyawannya tujuh hari sebelum Idulfitri

Harus Bayar THR, 7 Hari Sebelum Idulfitri ! Disnakertrans Ingatkan Perusahaan di Kota Cimahi
Dok. HaloMoney.co.id via Kompas.com
Ilustrasi: Tunjangan Hari Raya ( THR) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cimahi mengingatkan perusahaan di Kota Cimahi wajib membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada semua karyawannya tujuh hari sebelum hari raya Idulfitri.

Kepala Disnakertrans Kota Cimahi, Asep Herman, mengatakan, jika THR itu terlambat diserahkan kepada karyawan, maka perusahaan bisa dikenakan sanksi berupa denda.

"Itu karena pemberian THR sudah diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Permenakertrans Nomor 6 Tahun 2016 tentang Keagamaan. Informasinya maksimal H-7 lebaran itu harus sudah dibayarkan," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Selasa (14/5/2019).

THR dan Gaji ASN Pemprov Jabar Bulan Juni Direncakanan Cair Bulan Ini

Terkait besaran THR yang akan diterima karyawan, kata Asep, harus disesuaikan dengan masa kerja karyawannya. Untuk masa kerja di atas satu tahun, harus menerima THR sebesar gaji pokok dan masa kerja di bawah satu tahun, besaran THR-nya dibawah gaji pokok.

"Memang aturannya seperti itu dan harus disesuaikan dengan masa kerja. Kalau THR untuk yang setahun ke bawah itu ada rumusnya lagi, seperti dibawah gaji pokok," katanya.

Namun sejauh ini, kata Asep, belum ada surat edaran resmi terkait THR tersebut, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. Tetapi surat edaran itu akan diterima pihaknya pada minggy kedua bulan Ramadan.

Wow, Enaknya Jadi PNS, Dapat Libur Lebaran Panjang, THR dan Gaji ke-13 pun Dipastikan Cair

"Surat edaran belum ada, tapi kalau sudah ada edaran, nanti akan kita edarkan lagi ke setiap perusahaan yang ada di Kota Cimahi," kata Asep.

Sementara jumlah perusahaan di Kota Cimahi hingga saat ini jumlahnya mencapai 593 dengan rincian 131 perusahaan besar, 91 perusahaan sedang dan 371 perusahaan kecil dengan total karyawan sebanyak 82.296 orang.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved