Sama-sama Bernama Naufal, 2 Siswa SMKN 1 Cimahi Raih Nilai UNBK Tertinggi Se-Jabar, Matematika 100

Sama-sama bernama Naufal, dua siswa SMKN 1 Cimahi ini raih nilai UNBK tertinggi tingkat SMK-se Jabar. Ada yang nilai matematikanya 100.

Sama-sama Bernama Naufal, 2 Siswa SMKN 1 Cimahi Raih Nilai UNBK Tertinggi Se-Jabar, Matematika 100
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Naufal Aditya Juniarahman dan Naufal 'Aqila Qomaruddin yang meraih nilai UNBK tertinggi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dua siswa SMKN 1 Cimahi Naufal Aditya Juniarahman (17) dan Naufal 'Aqila Qomaruddin (17) berhasil meraih nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 tertinggi tingkat SMK se-Jawa Barat.

Naufal Aditya yang merupakan siswa jurusan Teknik Otomasi Industri mendapat nilai hasil UNBK yakni Bahasa Indonesia 100; Bahasa Inggris 94,0; Matematika 92,5; dan Kejuruan 90,5; dengan total jumlah nilai 376,5.

Sedangkan Naufal 'Aqila siswa jurusan Teknik Elektronik mendapat nilai Bahasa Indonesia 92, Bahasa Inggris 92, dan Matematika 100, sehingga total jumlah nilainya yakni 374.

Naufal Aditya Juniarahman, mengatakan, dalam meraih nilai tertinggi hasil UNBK tingkat SMK itu ia tidak melakukan persiapan khusus ketika akan melaksanakan ujian maupun saat belajar di rumah.

"Hanya saja dalam pemantapan di sekolah saya benar-benar fokus agar bisa menguasa semua materi yang akan diujikan," ujarnya saat ditemui di SMKN 1 Cimahi, Jalan Mahar Martanegara, Kota Cimahi, Senin (13/5/2019).

Ia menambahkan, menjelang pelaksanaan UNBK sama sekali jarang belajar ataupun membaca buku pelajaran di rumahnya karena dari hasil pemantapan di sekolahnya ia merasa sudah mengusai semua materi.

"Yang terpenting saat pemantapan itu kita harus memperhatikan, jangan sampai materi yang disampaikan itu kelewat dan intinya saat pemantapan kita harus fokus," katanya.

Hasilnya, ia bisa menyelesaikan semua soal mata pelajaran yang diujikan dalam UNBK tanpa ada kesulitan apa pun karena semua materi hasil pemantapan itu soalnya tak jauh dari soal UNBK.

Naufal 'Aqila Qomaruddin mengatakan, ia tidak memiliki persiapan khusus ketika akan melaksanakan UNBK. Ia tidak menyangka berhasil meraih nilai UNBK kedua tertinggi.

"Tidak menyangka, kaget juga bisa meraih nilai tertinggi kedua hasil UNBK di SMK se-Jabar," katanya.

Terkait persiapan belajar, Naufal 'Aqila sedikit berbeda dengan Naufal Aditya.

Ia lebih rajin belajar di rumahnya ditambah mengikuti pemantapan di sekolahnya lebih serius.

"Intinya saya ikut belajar di kelas dan di rumah dengan serius ditambah pemantapan. Jadi saat UNBK itu minimal kita sudah menguasai materi," ucapnya.

Jumlah Peserta dan Nilai UNBK Siswa SMA dan SMK di Jawa Barat Meningkat

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved