Breaking News:

Polisi Sebut Jalur Alternatif dari Bandung ke Garut dan Tasikmalaya via Cijapati Sudah Oke

Jalur alternatif menuju Garut dan Tasikmalaya via Gedebage, Sapan, Majalaya, Cijapati hingga ke Kadungora, Garut

Editor: Ichsan
firman wijaksana/tribun jabar
Pengendara motor melintasi tanjakan di Jalan Cijapati, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung. Jalan Cijapati merupakan jalur alternatif dari Bandung menuju Garut. 

TRIBUNJABAR.ID - Jalur alternatif menuju Garut dan Tasikmalaya via Gedebage, Sapan, Majalaya, Cijapati hingga ke Kadungora, Garut terpantau cukup aman.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/5/2019).

"Cukup aman, hampir keseluruhan jalan mulus tidak bergelombang dan tidak ada jalan bolong, bahkan bus dan truk juga bisa melalui jalur tersebut," katanya.

Kesimpulan tersebut, lanjut Trunoyudo, diambil setelah kepolisian memantau jalur mudik alternatif Bandung-Garut, Minggu (12/5/2019).

Pengecekan kesiapan jalur mudik 2019 ini dilakukan Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan bersama Kasat Lantas Polres Bandung AKP Hasby Ristama.

Selain melakukan pengecekan jalur dan plang rute jalur, polisi juga memeriksa Pos Lalu Lintas yang sedang disiapkan untuk pusat bantuan para pemudik di simpang Cikaledong.

Pemain Asal Belanda Ikuti Seleksi di PSGC Ciamis, Total Ada 52 Pemain yang Mengikuti Seleksi

Dalam beberapa hari ke depan, pos ini siap untuk dioperasikan.

"Insya Allah dalam beberapa hari ke depan Pos Lalu lintas ini sudah siap untuk dioperasikan," kata Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan.

Diberitakan sebelumnya, polisi berencana melakukan rekayasa lalu lintas pada kilometer 148 apabila ruas jalan tol Cileunyi tak mampu menampung kendaraan pada saat mudik nanti.

Petugas akan membuka jalan keluar pada kilometer 148. Setelah keluar pada kilometer 148 tol Cileunyi, kendaraan akan mengarah ke perempatan Gedebage Bandung.

Kades Kidangpananjung Cililin Sebut Wilayahnya Memang Langganan Longsor

Di sana pemudik bisa mengarah ke Kota Bandung, Sumedang hingga Garut dan Tasikmalaya. Namun pemudik yang akan menuju Garut dan Tasikmalaya diharapkan dapat mengambil jalur Sapan-Majalaya-Cijapati yang akan langsung mengarah ke Kadungora, Garut.

Untuk memastikan para pemudik mengetahui jalur alternatif ini, Polres Bandung akan memasang plang rute alternatif di setiap persimpangan, dimulai dari kilometer 148 tol Cileunyi, dan di setiap persimpangan yang melalui jalur Majalaya, Cijapati hingga Kadungora, Garut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Sebut Jalur Alternatif Bandung-Tasikmalaya Aman Dilalui Pemudik"

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved