Perolehan Suara Pemilu 2019 Tingkat Jabar Hari Ini Ditetapkan, Jatah Jabar di DPR RI 91 Kursi

Ketua KPU Provinsi Jabar, Rifqi Alimubarok, mengatakan perolehan suara Pemilu 2019 dari 27 kabupaten dan kota di Jabar

Perolehan Suara Pemilu 2019 Tingkat Jabar Hari Ini Ditetapkan, Jatah Jabar di DPR RI 91 Kursi
Tribunjabar/Syarif Abdussalam
Rapat pleno KPU Jabar tentang perolehan suara Pemilu 2019 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua KPU Provinsi Jabar, Rifqi Alimubarok, mengatakan perolehan suara Pemilu 2019 dari 27 kabupaten dan kota di Jabar sudah disahkan dan kini tinggal ditetapkan pada Senin (13/5/2019).

Dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Jabar di Kantor KPU Jabar ini, perolehan suara tersebut segera ditetapkan.

"Semua dari 27 kota kabupaten sudah tidak ada selisih dan sudah kita sahkan, tinggal penetapan saja. Rencana hari ini," kata Rifqi di sela rapat pleno tersebut, Senin (13/5/2019).

Jika semua dokumen dan administrasinya selesai dan lengkap, kata Rifqi, maka pada hari kedua perpanjangan rapat ini akan disampaikan ke KPU RI, untuk dimintai jadwal penyampaian hasil rapat pleno dari Jabar di tingkat nasional.

Setelah pengesahan, katanya, harus dilakukan penetapan karena sejumlah daerah seperti Kabupaten Bekasi dan Kota Cirebon belum menyampaikan perbaikan hasil perhitungan surat suara.

Kerangka Manusia Ditemukan di Kebun Kopi di Cimaung Kab Bandung, Ini Foto Barang-barang Milik Korban

Rifqi mengatakan belum bisa menyampaikan angka perolehan suara sebelum semuanya disahkan, termasuk angka partisipasi pemilih di Jabar pada Pemilu 2019.

"Kita belum ketahui partisipasinya berapa, tapi kalau kita cek yang disampaikan kabupaten dan kota, kemungkinan melebihi target di angka lebih dari 75 persen sampai 77 persen," katanya.

Penentuan pengisian kursi DPR RI dan DPRD, katanya, menunggu keputusan Mahkamah Agung. Jatah kursi DPR RI untuk dapil Jabar, dari total 575 kursi, mendapat jatah 91 kursi. Sedangkan total kursi di DPRD Jabar adalah 120 kursi.

Rifqi mengatakan di Indonesia terdapat 10 provinsi yang mendapat perpanjangan masa rapat rekapitulasi perolehan suara. Selain Jabar, adalah DKI Jakarta, Banten, Sumut, Sumsel, Kepulauan Riau, Sulsel, Maluku, dan Papua.

Akankah Robert Rene Alberts Patahkan Kutukan di Persib Bandung, Juara Bersama Pelatih Asing

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved