Antisipasi Kemacetan di Kawasan Wisata Jalur Pantura Cirebon, Pengusaha Harus Sediakan Tempat Parkir

Mengantisipasi kemacetan di kawasan wisata jalur pantura Cirebon, pembeli di sentra kuliner tak boleh parkir di bahu jalan.

Antisipasi Kemacetan di Kawasan Wisata Jalur Pantura Cirebon, Pengusaha Harus Sediakan Tempat Parkir
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Jalur Pantura di Kecamatan Plumbon tampak padat, Rabu (13/6/2018) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Dalam mengantisipasi kemacetan di kawasan wisata yang berada di Jalur Pantura Cirebon tepatnya mulai dari Kecamatan Plumbon hingga Kedawung, Pemkab Cirebon minta pengusaha memberlakukan parkir off street bagi para pembelinya.

Pasalnya, jalur tersebut merupakan titik kemacetan karena para pembeli kuliner biasa memarkirkan kendaraannya di bahu jalan.

Penjabat Bupati Cirebon, Dicky Saromi, mengatakan, jalur tol merupakan pilihan utama yang akan digunakan para pemudik yang melintasi Cirebon.

Namun, kata dia, jalur wisata bisa menjadi titik kemacetan saat arus mudik nanti.

"Yang kami antisipasi itu jalur kemacetan. Biasanya pada H-2 lebaran, para pemudik mulai semakin padat disertai kegiatan wisata dari Jalan Plumbon hingga Tuparev. Kemacetan akan signifikan jika tidak kami antisipasi," katanya saat ditemui di Setda Kabupaten Cirebon, Senin (13/5/2019).

Dia mengaku, pihaknya sudah meminta Dinas Perhubungan untuk mengadakan rapat dengan para pelaku usaha agar memberlakukan on street.

"Jadi kalau parkir off street, bilamana ada hal-hal tertentu mereka cukup drop off saja. Saat ini sedang kami cari tempat parkirnya. Yang memungkinkan itu ada di Pasar Batik Trusmi," tambahnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, Abraham Mohamad, mengatakan, pihaknya akan memanggil para pelaku usaha untuk melarang parkir on street.

"Kami minta H-7 itu para pembeli dilarang berhenti di bahu jalan. Kami akan minta para pelaku usaha untuk menyediakan tempat parkir agar tidak mengganggu para pemudik," kata dia.

Dia mengaku sudah mengedarkan surat untuk para pelaku usaha agar tidak memberlakukan parkiran on street.

"Langkah-langkah preventif sudah kita lakukan. Kami juga sudah memasang rambu-rambu," kata dia.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved