Kubu 01 dan 02 di Jawa Barat Sepakat Harus Ada Evaluasi Dalam Penyelenggaraan Pemilu Kali Ini

Kubu 01 dan 02 di Jawa Barat sepakat harus ada evaluasi dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

Kubu 01 dan 02 di Jawa Barat Sepakat Harus Ada Evaluasi Dalam Penyelenggaraan Pemilu Kali Ini
Tribunjabar.id/Ery Chandra
Suasana proses rekapitulasi penghitungan suara berlangsung di KPU Jabar, Kota Bandung, Rabu (8/5/2019). 

‎Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019, khususnya di Jawa Barat, rampung hari ini, ditandati dengan pengumuman rekapitulasi suara pemilihan presiden dan wakilnya, serta pemilihan anggota DPD dan DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kota dan kabupaten.

Bagi Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo - Sandiaga di Jabar, penyelenggaraan Pemilu 2019 di Jabar kualitasnya tidak terlalu buruk.

Undang-undang Pemilu mensyaratkan pemilihan umum berdasarkan prinsip jujur dan adil, transparan, dan demokratis.

"‎Mungkin di Jabar kondisinya tidak terlalu mengkhawatirkan. Tapi, kan, soal Pilpres kita bicara nasional, tidak hanya di Jabar saja," ujar Sekretaris BPP Prabowo-Sandiaga Jabar, Haru Suandharu via ponselnya, Minggu (12/5/2019).

Meski kualitas pemilu di Jabar tidak terlalu mengkhawatirkan, kata Haru,‎ pihaknya memiliki cataan tersendiri terkait pelaksanaan teknis pemilu oleh KPU dan Bawaslu Jabar.

Ia mencontohkan soal pemahaman saksi di KPPS yang beragam dan belum berpengalaman sehingga dalam proses pemungutan suara dan penghitungan suara beragam.

Lalu, masalah distribusi surat suara di beberapa tempat yang kekurangan dengan jumlah signifikan sehingga pemungutan suara dimulai tidak tepat waktu. Lalu soal netralitas penyelenggara negara dan pemilu di tingkat KPPS, PPK, KPUD hingga Panwaslu.

Menurut dia, netralitas penyelenggara negara dan pemilu jadi catatan penting karena bisa mengurangi nilai kualitas demokrasi dalam pemilu.

"Jadi itu beberapa catatan yang selama ini masuk ke kami soal penyelenggaraan pemilu di Jabar. Belum lagi soal petugas KPPS di Jabar yang meninggal," katanya.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved