Gubernur Ridwan Kamil Wacanakan Bangun Rumah Sakit Sekelas RSHS di Jatinangor

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kapasitasnya sebagai anggota MWA Unpad, membahas rencana pembangunan rumah sakit pendidikan di Jatinangor.

Gubernur Ridwan Kamil Wacanakan Bangun Rumah Sakit Sekelas RSHS di Jatinangor
istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Masjid Agung Cianjur 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam
  
TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kapasitasnya sebagai anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad, membahas rencana pembangunan rumah sakit pendidikan di Jatinangor.

Hal tersebut diutarakannya saat menghadiri Rapat Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Padjadjaran (Unpad) di kantor Sekretariat MWA Unpad, Jalan Hayam Wuruk, Kota Bandung, Jumat (10/5/2019).

Pada pleno yang dipimpin Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Emil mengusulkan, selain rumah sakit pendidikan Unpad juga agar membangun rumah sakit umum bersala besar seperti RS Hasan Sadikin (RSHS).

"Jadi ada wacana Unpad ini membuat rumah sakit pendidikan. Kebetulan saya juga banyak mendapat keluhan tentang RS Hasan Sadikin dengan kapasitasnya. Jadi kalau usulan saya, gabungin saja, kita bikin RS seperti Hasan Sadikin yang luas di daerah Jatinangor," ujarnya ditemui usai rapat pleno di Jalan Hayam Wuruk.

Menurut Emil, sapaan akrabnya, pembangunan rumah sakit Jatinangor rencananya akan jauh lebih luas dan lengkap dibanding RSHS. Dengan begitu diharapkan tidak akan ada lagi permasalahan pasien kekurangan kamar atau ruang perawatan.

"Sehingga tidak ada lagi permasalahan di Hasan Sadikin yang selama ini kurang ini kurang itu dan seterusnya," ucapnya.

Emil belum dapat berbicara banyak mengenai dana karena masih sebatas wacana. Namun dia menyatakan wacana ini akan dibicarakan di tingkat Kementerian Kesehatan.

"Minggu depan saya akan bertemu dengan Menteri Kesehatan untuk membicarakan hal ini. Belum sampai ke pendanaan baru gagasan, bisa tidak fungsi Hasan Sadikin pindah ke Jatinangor," tuturnya.

Bila hal itu disetujui, maka RSHS yang ada di Bandung akan dijadikan rumah sakit spesialis atau rumah sakit khusus pendidikan. 

"Nanti yang Hasan Sadikin dijadikan rumah sakit spesialis atau apa, Unpadnya juga belum punya rumah sakit pendidikan kan," ujar Emil. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved