Balai Arkeolog Bandung Lakukan Eskavasi Lanjutan, Selama 4 Hari Sudah Gali 1,5 Meter

Balai Arkeolog Bandung melakukan kegiatan eskavasi kembali setelah pada tahun lalu melakukan hal yang sama di Goa Pawon

Balai Arkeolog Bandung Lakukan Eskavasi Lanjutan, Selama 4 Hari Sudah Gali 1,5 Meter
Tribunjabar/Nandri Prilatama
Balai Arkeolog Bandung melakukan kegiatan eskavasi lanjutan di Goa Pawon, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Sabtu (11/5/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, CIPATAT - Balai Arkeolog Bandung melakukan kegiatan eskavasi kembali setelah pada tahun lalu melakukan hal yang sama di Goa Pawon, Sabtu (11/5/2019).

Sejumlah petugas tampak melakukan penggalian dan pemisahan serpihan-serpihan yang telah ditemukan dari hasil galian tersebut. Eskavasi ini dipimpin langsung oleh Arkeolog dari Balai Arkeolog Bandung, Lutfi Yondri.

Menurut Lutfi, eskavasi 2019 yang dilakukan di Goa Pawon ini rencananya akan membuka sebanyak empat kotak eskavasi. Selama empat hari ini, pihaknya telah melakukan galian sedalam 1,5 meter dan menemukan temuan yang melimpah juga beragam.

"Sebelumnya kan kami pernah temukan kerangka manusia dan lapisan budaya yang secara global terjadi pada era akhir pleitosen. Ada lima kronologi yang kami dapatkan dari temuan yang terjadi 5.600 tahun lalu didapatkan 3 kerangka manusia, 7.300 tahun lalu didapat manusia dalam keadaan terlipat, dan 9.500, 10 ribu hingga 12 ribu tahun lalu ditemukan pada 2017 manusia kembali," ujarnya.

Menjelang Mudik Lebaran, Rambu-rambu dan PJU di Jalur Gentong Tasikmalaya Belum Siap

Sejak 2018 hingga sekarang, Lutfi menyebut pihaknya ingin mengetahui tak hanya bagian atau lokasi kuburannya, melainkan lokasi hunian mereka. Menurutnya, Goa besar memiliki fungsi yang multi, dengan tak hanya tempat kubur melainkan tempat hunian.

"Rencananya kami akan lakukan eskavasi sampai 30 Mei atau selama 22 hari untuk melihat seberapa ragamnya temuan," ujarnya.

Buka Puasa Sepuasnya, Aneka Kuliner Nusantara di Pago Restaurant Hotel Papandayan, Ini Harganya

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved